Mukomuko Lakukan Vaksinasi Kolaborasi di Pasar Koto Jaya

Mukomuko Lakukan Vaksinasi Kolaborasi di Pasar Koto Jaya

radarbengkuluonline.com -  MUKOMUKO - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko terus berupaya mengejar target persentase capaian vaksinasi Covid-19 dalam daerah. Salah satu yang dilakukan yakni mendatangi dan melakukan vaksinasi pusat keramaian warga.

Salah satu yang telah dilakukan oleh Satgas yakni melakukan vaksinasi di Pasat Tradisional Koto Jaya, Kota Mukomuko pada Minggu (24/10). Terlaksananya vaksinasi Covid-19 di Pasar Koto Jaya ini berkat kolaborasi oleh Kodim 0428/MM, Polres Mukomuko, dan Pemkab setempat dalam hal ini Dinas Kesehatan.

"Pagi ini, TNI-Polri bersama Dinkes menggelar vaksinasi Covid-19 di Pasar Koto Jaya. Sasarannya masyarakat umum. Pengunjung pasar atau masyarakat yang datang sengaja untuk vaksin, semua dilayani," kata Dandim 0428/MM, Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy, S.IP bersama Kapolres Mukomuko, AKBP. Witdiardi, S.IK. MH usai meninjau kegiatan vaksin, Minggu di Pasar Koto Jaya.

Letkol Rinaldo mengatakan, jumlah vaksin yang disiapkan cukup banyak, yakni 700 dosis. 500 dosis dari Dinas Kesehatan dan 200 dosis dari Polres Mukomuko.

"Pengunjung pasar atau warga yang sengaja datang untuk mendapat vaksin, akan dilayani petugas. Terbuka untuk umum. Vaksinasi dilaksanakan di sini (Pasar Koto Jaya) agar lebih mudah dijangkau warga," sampai Dandim.

Menurutnya vaksinasi harus digencarkan. Ini untuk kepentingan bersama mulai dari masyarakat, pemerintah daerah dan pihak-pihak lainnya. Ditambah lagi Kabupaten Mukomuko saat ini daerah paling rendah dalam capaian vaksinasi baik vaksin dosis I maupun dosis II.

"Mari bersama kita sosialisasikan, kita gencarkan bersama dalam menggiatkan vaksinasi Covid-19 baik itu yang sasarannya masyarakat umum, lanjut usia hingga remaja atau pelajar yang telah berusia diatas 12 tahun," himbaunya.

Ditambahkan Kapolres, Vaksinasi di pusat keramaian ini akan terus digelar. Tinggal lagi bagaimana nantinya kesiapan dari Dinkes Mukomuko. TNI-Polri, kata AKBP Witdiardi, siap membantu dan memobilisasi masyarakat.

"Selain kita laksanakan di klinik, vaksinasi dengan metode jemput bola ini akan terus kita laksanakan. TNI-Polri siap memobilisasi warga untuk vaksin," sampainya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Riswandi Dani, SKM menyatakan, Dinkes telah menyiapkan tenaga Vaksinator yang siap bertugas pada vaksinasi jemput bola ini. Kendala pelaksanaan vaksinasi selama ini keterbatasan pihak Dinkes dan jajaran mobilisasi warga.

"Kegiatan ini kolaborasi yang baik. TNI-Polri lebih fokus pada mobilisasi warga. Dinkes menyiapkan vaksin dan tenaga Vaksinator serta dokter. Kami juga berharap, sebelum kegiatan semacam ini dilaksanakan, penyebaran informasi juga maksimal, untuk itu kami minta bantuan juga dari kawan-kawan wartawan" singkatnya.

Diketahui, hingga 21 Oktober 202, capaian vaksin Covid-19 untuk Mukomuko baru 23.25 persen dosis 1 dan 15.38 persen dosis 2. Jumlah tersebut rendah jika dibandingkan daerah lain di Bengkulu. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: