Berjuang, DPK Provinsi Menuju Akreditasi A

Berjuang, DPK Provinsi Menuju Akreditasi A

Meri Sasdi: Terus Tingkatkan Referensi Literasi

radarbengkuluonline.com - BENGKULU – Tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu punya target khusus. Yakni DPK Provinsi naik menjadi akreditasi A serta peningkatan referensi literasi daerah.

“Tahun 2022, kita pastikan melengkapi referensi literasi yang dirasa masih kurang. Karena kita ingin program akreditasi A. Untuk mencapai akreditasi A ini ada enam komponen yang wajib terpenuhi. Seperti SDM serta judul buku. Saat ini, judul buku kita yang dimiliki baru berjumlah 40.500. Sedangkan untuk untuk naik menjadi akreditasi A, judul buku wajib 60 ribu. Sebab itu dalam APBD perubahan itu sudah kita upayakan,” ungkap Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi M.Pd, saat diwawancarai radarbengkuluonline.com , Kamis (4/11). RUGI BILA TIDAK DIBACA INI: Layanan Perpustakaan Bengkulu Semakin Prima

Untuk saat ini, diakui oleh Meri Sasdi, akreditasi DPK Provinsi masih di bawah A. Sebab itu, tahun depan target mereka langsung menjadi A.

“Kemarin saya sudah bertemu Deputi dan kita koordinasi. Selain tentang organisasi DPK, juga tentang substansi pengembangan informasi perpustakaan dan kearsipan secara sosial. Dan kita tahun depan, sudah siap program satu desa/kelurahan satu perpustakaan, dimana program ini jadi program prioritas yang akan berkolaborasi dengan pemda Kabupaten/Kota,” terang Meri Sasdi.

Selain itu, untuk rekrutmen tenaga pustakawan, Kepala DPK Provinsi Bengkulu tersebut menegaskan, proses rekrutmen tetap melalui mekanisme rekrutmen tes CPNS melalui invasing, melalui penyetaraan.

“Penyetaraan ini nanti, kini kan ada penyetaraan birokrasi. Kawan-kawan yang ada di Kasi, Bidang Perpustakaan, mereka harus memilih fungsional pustakawan. Mereka nanti akan menjadi fungsional, sub koordinator,bukan lagi kasi,” pungkas Meri Sasdi ketika menerangkan beberapa program prioritas DPK Provinsi Bengkulu tahun depan. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: