Pojok Baca Perpustakaan Keliling untuk Posyandu

Pojok Baca Perpustakaan Keliling untuk Posyandu

RBO, BENGKULU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi, di bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian dalam program perpustakaan keliling, pihaknya akan bekerjasama dengan Posyandu. Rencanannya, program ini akan dimulai diterapkan di Kota Bengkulu, sebagai percontohan awal. "Kami akan mendata terlebih dahulu disetiap kelurahan di kota, berapa jumlah posyandunya. Nanti prosesnya bertahap," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi, H. Meri Sasdi, M.Pd melalui Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd kepada RADAR BENGKULU, Kamis (11/11).

Tujuan program perpustakaan keliling di posyandu ini, untuk memberikan pojok baca. Pihaknya akan menyiapkan satu unit mobil, dalam mobil itu terisi beberapa buku bacaan sesuai dengan pemustaka (orang yang membaca), karena ranahnya ibu-ibu, maka buku bacaannya seperti kesehatan, kuliner, pola asuh anak, berkebun dan lain-lain. "Kami berharap ditahun depan, pandemi sudah berakhir. Sebab, tahun ini program perpustakaan keliling belum berjalan dengan maksimal," ungkapnya.

Untuk perpustakaan keliling di Kabupaten, pihaknya memaksimalkan satu desa satu perpustakaan, nantinya akan bekerjasama dengan perpustakaan kabupaten, dinas PMD, sebab, program ini bisa dimaksimalkan dengan dana desa. Pihaknya berencana akan membuat MoU, untuk memfasilitasi bantuan buku, sarana pembuatan tempat perpustakaan bisa menggunakan dana desa, SDM mengelola pustaka desa juga dari masyarakat setempat. "Program perpustakan keliling, untuk unit kendaraan mobil ada empat, kapasitasnya bisa sampai 50 buku dalam satu mobil," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: