Tiga Karya Inovasi DPK Provinsi

Tiga Karya Inovasi DPK Provinsi

RBO, BENGKULU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi, H. Meri Sasdi, M.Pd melalui Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya diminat baca.

Tiga karya inovasi ini, seperti Apo Buek yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi dan kemudahan pengguna dalam mengakses informasi. Masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya, anggota perpustakaan tetap dapat membaca, dan meminjam buku koleksi perpustakaan digital Provinsi. "Dengan jam layanan yang dapat diakses 24 jam, dimanapun berada selama memiliki akses jaringan internet, tanpa harus mendatangi perpustakaan melalui e-Perpus Provinsi Bengkulu," ujar Wardaniar kepada RADAR BENGKULU, Kamis (11/11).

Dijelaskannya, untuk karya inovasi yang kedua, inovasi Home Delivery Library Service, inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, perpustakaan provinsi mengembangkan pelatanan home delivery library layanan masih terbatas, di permustaka lansia, karena pemustaka lansia adalah usia rentan dan perlu perlindungan khusus pada masa pandemi saat ini. "Pelayanan yang kami lakukan ini, dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu minggu pada hari kerja Selasa dan Rabu," jelasnya.

Untuk inovasi karya ketiga, inovasi bimbingan permustaka online, yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemustaka agar memperoleh informasi, yang mereka perlukan dengan cepat dan efektif. Bimbingan ini, kata Wardaniar, mencakup sistem perpustakaan dalam menyusun bagan pustaka, struktur literatur bidang ilmu tertentu. "Sumber-sumber khusus serta sarana penemu, seperti katalog, pelayanan indeks abstrak, pangkalab dan bibliografis, dan lain-lain," pungkasnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: