Kepahiang Membangun 2 Titik TPS 3R 

Kepahiang Membangun 2 Titik TPS 3R 

radarbengkuluonline.com - KEPAHIANG -Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Kepahiang akan membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R).  Pembangun TPS 3R tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)  tahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd menyampaikan,  kuncuran penerimaan Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2022 saat ini sudah ada gambaran sebesar Rp 1,3 Milar. "Ya, dana tersebut nantinya kita prioritaskan untuk membangun dua titik Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) ditahun 2022. Lokasinya sudah ada. Yaitu di Kecamatan Kabawetan," ujar Muktar kepada radarbengkuluonline.com tadi siang. BACA JUGA:

Masih Banyak Desa Belum Ajukan Berkas Pencairan DD/ADD Tahap 3 Pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) ini, lanjutnya,  nanti  berbasis masyarakat. Disesuaikan dengan pilihan dan kondisi lingkungan sekitar. Mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilahan sampah, pengelolaan sampah hingga menjadi barang yang bermanfaat. Salah satunya seperti pengelolaan sampah organik menjadikan kompos. Lebih lanjut disampaikannya, TPS 3R diharapkan menjadi solusi pengolahan sampah. Selain itu nanti akan dikelola melalui swadaya masyarakat. TPS 3R juga bisa menekan angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui produksi sampah yang dihasilkan TPS 3R seperti pupuk. Tinggal lagi keseriusan KSM atau kelompok pengolah. "Jika nanti dijalankan dengan baik, selain mengatasi masalah sampah juga akan dapat menyerap lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar." (crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: