PKS Bengkulu Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

PKS Bengkulu Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - DPW PKS Provinsi Bengkulu menghadirkan belasan santri dari berbagai pondok pesantren di Provinsi Bengkulu. Tujuannya guna mengikuti lomba baca kitab kuning tingkat Provinsi Bengkulu. Pemenang atau juara pertama akan diikutkan pada lomba baca kitab kuning tingkat Nasional tahun ini . Lomba kali ini memasuki tahun ke-5. Lomba Baca Kitab kuning ini diadakan dalam rangka hari jadi Fraksi PKS DPR-RI yang berdekatan dengan peringatan hari santri nasional.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa berpartisipasi langsung menyaring peserta lomba baca kitab kuning yang akan dilombakan di tingkat nasional oleh Fraksi PKS DPR-RI," ungkap Sujono kepada radarbengkuluonline.com , Selasa (7/12) siang.

Ditambahkannya, lomba baca kitab kuning ini adalah kali pertama dilaksanakan DPW PKS Provinsi Bengkulu untuk menyaring tingkat provinsi.

Dikesempatan lain, dalam sambutannya perwakilan Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. Al Bahri, M.Si menyampaikan apresiasi mewakili pemerintah kepada PKS. Semoga ini tetap terus dilakukan agar menjadi penyemangat para santri. Kemudian, juga   makin berkembangnya pesantren-pesantren salafiyah yang memang fokus pada saat ini dalam membaca kitab kuning yang merupakan kitab para pejuang kemerdekaan kita dahulu.

Aspek yang dinilai pada perlombaan kitab kuning hari ini ialah kefasshan membaca (fashahah al-qiira'at), kebenaran membaca (Shahih al-qiira'at), pemahaman makna (fahm al-ma'ani), pemahaman kontemporer (mafhumwaqi' bil maqru) istimbath hukum

Turut hadir pada pembukaan lomba, Ketua MPW PKS Provinsi Bengkulu Drs.H. Salamun Haris, M.Si, Ketua Dewan Syari'ah Wilayah PKS Provinsi Bengkulu, H. Syahrul Azwar, Lc, M.HI, Dr. H. Dani Hamdani M.Pd, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dan seluruh unsur pimpinan DPD PKS Provinsi Bengkulu se-provinsi Bengkulu. Acara dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: