Bukan Masalah Teratas, Yang Penting Vaksinasi Tercapai Target

Bukan Masalah Teratas, Yang Penting Vaksinasi Tercapai Target

radarbengkuluonline.com,BENGKULU - Walikota Helmi Hasan yang diwakili oleh Kadis Kominfosan Kota Bengkulu, Eko Agusrianto yang didampingi oleh Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Dinkes Kota Bengkulu, Nelli Hartati membahas soal menurunnya peringkat pencapaian vaksin Kota Bengkulu. Acara ini berlangsung di Ruangan Kerja Kadis Kominfosan Kota Rabu (19/1).

Sesuai data yang ada, memang Kota Bengkulu tersalipkan oleh kabupaten lainya jika dijumlahkan secara global. "Memang untuk vaksinansi menurun. Kemarin- kemarin kita, Kota Bengkulu selalu nomor 1. Sekarang agak merosot. Namun, tidak begitu sampai jadi juru kunci. Ada beberapa faktor yang membuat kita merosot. Pertama, masalah di lansia. Dimana targetnya 60% , namun Kota Bengkulu hanya 56,48% ," jelas Eko .

Selain itu, Eko juga menjelaskan, Kota Bengkulu unggul di bagian sektor pelayanan publik. "Memang pelayanan publik kita hampir 166%. Setelah kita cek di Dukcapil, ternyata pelayanan publik ada sekitar ribuan lansia dan kalau tidak salahnya 32 ribu, tetapi data itu tidak bisa kita tarik," bebernya.

Meski demikian, Eko tetap bersyukur. Karena vaksinasi untuk anak di Kota Bengkulu sudah mulai dilaksanakan . " Ya, kita sudah mulai melakukan vaksinasi untuk anak- anak. Berbeda dengan kabupaten lainya. Meski baru satu hari, antusias anak di Kota Bengkulu sangat baik. Sudah 3 ribu. Nah, kalo 10 hari berjalan lancar, maka akan ada sekitar 30 ribu anak di Kota Bengkulu yang sudah divaksinasi. Bila itu tercapai, mungkin kita akan peringkat 1 lagi ke depannya. Disini bukan masalah teratas, melainkan yang terpenting semua mencapai target," ucap Eko.

Eko menambahkan , merosotnya peringkat kota dalam vaksinansi bukan karena tidak ada upaya maksimal Pemkot. "Itu melorot bukan karena tidak ada upaya maksimal kota. Kedua, kita bersyukur kota didukung TNI, POLRI, Kejaksaan, BIN, Baznas, tenaga kesehatan yang selalu mendatangi door to door , pihak swasta , camat dan lurah . Pak Walikota dan Wawali mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung . Yang lebih bagus lagi adalah walikota ,wawali dan Forkopinda lebih dekat dengan anak- anak saat vaksinasi tatap muka di 20 titik sekolah yang didatangi dan tahu apa kendala, persoalan lainnya ,"papar Eko.(ae3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: