Masih Dicek, Puluhan Warga Benteng Diduga Keracunan

Masih Dicek,  Puluhan Warga Benteng Diduga Keracunan

radarbengkuluonline.com, BENTENG – Peristiwa diduga keracunan makanan terjadi di Desa Semidang, Kecamatan Semidang Lagan kemarin. Tercatat, puluhan orang warga Desa Semidang terpaksa harus dilarikan ke Puskesmas Karang Nanding, Kecamatan Semidang Lagan, Senin (24/1) sore.

Efek diduga keracunan dirasakan setelah warga menyantap makanan di acara hajatan aqiqah yang digelar Senin (24/1) pukul 10.00 WIB disalahsatu rumah warga setempat.

"Pada Senin pagi warga menyantap makanan di acara hajatan. Pada sore harinya warga mengalami gejala pusing, mual, muntah-muntah hingga sakit perut, sehingga mereka harus dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis," terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Benteng, Ns.Gusti Miniarti,S.Kep,MH melalui Kabid Pelayanan dan SDK Dinkes Benteng dr.Anggaria saat dihubungi radarbengkuluonline.com Selasa (25/1).

Dijelaskan, dugaan sementara warga diduga keracunan makanan. Tapi pihak Dinkes belum bisa memastikan karena belum ada hasil pemeriksaan laboratorium oleh pihak yang berwenang.

"Kebanyakan warga tersebut mengalami diare, mual hingga muntah. Mereka masih dalam penanganan medis. Termasuk diinfus," terangnya.

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab keracunan tersebut apakah memang berasal dari makanan atau ada faktor lainnya. "Dinkes menurunkan tim untuk mengecek kebenaran dan mengambil sampel makanan yang diduga sumber keracunan untuk memastikan penyebab keracunan."

Ditambahkan, adapun makanan yang diduga menyebabkan warga mengalami keracunan ini terdiri dari pindang tulang, bihun, sambal ijo dan ada ikan. Berdasarkan data, ada sekitar 40 orang yang menghadiri hajatan tersebut. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: