Sekolah Pelosok Sasaran Empuk Perpusling

Sekolah Pelosok Sasaran Empuk Perpusling

radarbengkuluonline.com, - MUKOMUKO - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd menyatakan bakal mengaktifkan perpustakaan keliling (Perpusling). Katanya, Dinas yang ia pimpin saat ini memiliki satu unit kendaraan yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling.

Jodi mengatakan, sasaran Perpusling ini akan diprioritaskan bagi pelajar. Itu artinya, Perpusling ini akan dikerahkan ke sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

"Kita mengaktifkan perpustakaan keliling ini, tidak lain untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar. Perpustakaan keliling akan lebih kita aktifkan lagi ke sekolah-sekolah yang ada di daerah ini."

Ditambahkan Jodi, sekolah yang menjadi skala prioritas yang menjadi sasaran perpustakaan keliling ini yaitu sekolah yang jauh dari kota atau yang berada di daerah pelosok. Sebab, kalau sekolah yang dekat dengan kota bisa langsung berkunjung ke Kantor dinas.

"Kita akan lakukan penjadwalan kegiatan perpustakaan keliling ke sekolah ini. Dan kita akan koordinasikan ke pihak sekolah. Perpustakaan keliling ini dinilai mampu meningkatkan minat baca para pelajar," bebernya.

Ditambahkannya, selain perpustakaan keliling untuk para pelajar, nantinya juga untuk masyarakat Kabupaten Mukomuko. Dan perpustakaan keliling ini bagian dari jemput bola agar warga kita mulai mencintai membaca.

Terkait buku - buku yang akan dibawa di mobil perpustakaan keliling akan disesuaikan dengan lokasi yang akan di kunjungi oleh petugas dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mukomuko. "Buku yang kami bawa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi, nanti akan kita sesuaikan. Kalo yang membaca anak-anak, kita akan sediakan buku bacaan untuk anak-anak. Tapi kalo yang membaca itu petani, ya kita kasih buku tentang perkebunan dan lainnya." (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: