Rumah Alquran An-Nur Memiliki Metode Cepat Menghafal Alquran

Rumah Alquran An-Nur Memiliki Metode Cepat Menghafal Alquran

radarbengkuluonline.com, BENGKULU- Rumah Alquran An-Nur merupakan lembaga pendidikan khusus belajar Alquran berlokasi di Jln. Flamboyan No. 1A, Simpang Skip Kota Bengkulu. Rumah Alquran An Nur yang di naungi oleh Yayasan Nurul Baitul Makmur. Yayasan ini baru dibuka dari tanggal 1 Februari di Kota Bengkulu dan membuka penerimaan siswa baru sampai tanggal 14 Februari 2020.
Mahyudi S.Pd (29) merupakan pengelola rumah Alquran dan sebagai guru tahfidz di SD 09 Kota Bengkulu. Ia menuturkan bahwasanya Yayasan Nurul Baitul Makmur rumah Alquran Annur ini dimiliki oleh Alm. Nurdin asal Padang yang mewasiatkan kepada anak-anaknya untuk mendirikan rumah Alquran ini.
Wahyudi menuturkan, tujuan dari rumah Alquran An-Nur ini yaitu untuk memajukan pendidikan Alquran, khususnya di Kota Bengkulu. Tak hanya itu, iya juga menuturkan rumah Alquran An- Nur memiliki program pembelajaran.
"Untuk program pembelajaran kita banyak. Ada menghafal Alquran 30 juz, membaca Iqro bagi anak-anak yang belum bisa baca Quran, belajar bahasa Arab dan belajar terjemahan Alquran perkata dengan metode kinestetik," ucapnya saat diwawancarai radarbengkuluonline.com Selasa (8/2) dikediamannya.
Metode menghafal Alquran yang jarang digunakan oleh sekolah lain digunakan di rumah Al Quran An-Nur ini. Ada tiga metode yang digabungkan menjadi satu agar para anak-anak cepat mengingat awalan dari surat di Alquran.
"Metode yang kami pakai itu ada 3. Yang pertama itu ada scanning. Metode ini dari Syekh Ali Jaber. Yang kedua itu ada metode tes dan yang ketiga itu ada metode jarimatika. Kami menggabungkan ketiga metode ini agar para anak-anak yang belajar di sini cepat mengingat awalan surah yang mereka baca dan mereka pelajari nantinya," ucapnya.
Para siswa yang belajar di rumah Alquran An- Nur ini mempunyai jadwal belajar yaitu dari Senin-Jumat dan menjadi dua sesi belajar.  Jam 15.00-17.30 untuk sesi 1 dan sesi 2 dari jam 18.00- 20.00. Target rumah Alquran An-Nur 1 kelas berisi 20 siswa untuk siswa yang sudah lancar membaca Alquran dan 20 siswa  untuk yang masih belajar iqro.
Tak hanya itu, disini juga ditargetkan untuk 6 bulan sekali para murid harus menghafal 1 juz Alquran. Dan fasilitas yang diberikan untuk murid ada ruang belajar, meja belajar, Infocus belajar, dan wi-fi internet.
Biaya pendaftaran siswa hanya Rp 50.000 dan untuk bulanan ada 3 pilihan yang diberikan pengelola untuk para orang tua. "Untuk biaya bulanan kami menyediakan 3 pilihan. Yaitu ada Rp 100.000 Rp 150.000 dan Rp 200.000. Terkhusus untuk orang yatim, kaum duafa, dan orang yang tidak mampu maka untuk belajar disini digratiskan dan tidak ada perbedaan untuk fasilitas yang diberikan. Semua sama rata," tuturnya.
Rumah Al Quran An-Nur memiliki syarat penerimaan untuk para siswa yang ingin bergabung. Persyaratannya fotokopi kartu keluarga, fotokopi akte kelahiran, dan pasfoto. Dan untuk minimal siswanya diterima dari kalangan anak-anak hingga dewasa.
Wahyudi berharap untuk seluruh anak-anak dan generasi muda di Kota Bengkulu tidak ada lagi yang tidak bisa baca Alquran. Dan dengan adanya rumah Alquran ini keinginan anak-anak setelah tamat dari sekolah ataupun tidak belajar disini ia berharap anak-anak tetap cinta dan tetap membaca Alquran. (Mg-1) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: