Hujan Es Terjadi di Padangpanjang Serambi Mekkah

Hujan Es Terjadi di Padangpanjang Serambi Mekkah

radarbengkuluonline.com, PADANG - Hujan deras yang kembali menerpa kota sejuk Padangpanjang sekira pukul 12.30 WIB pada Minggu (27/02/2022). Kali ini tidak hanya disertai angin kecang, fenomena alam juga menghampiri kota berjuluk Serambi Mekkah itu.

Walaupun hujan itu tidak berlangsung lama, hujan deras dan angin kencang itu juga disertai bulatan es seukuran ujung korek api. Peristiwa itu sempat terjadi sekira 50 detik. Seperti disebutkan salah seorang warga di Kelurahan Silaiang Bawah Padangpanjang Barat.

“Meski tidak berlangsung lama, kami sempat memungut es seukuran lebih kurang ujung korek api atau kepala jarum pentul. Buliran es kecil-kecil tersebut, juga tidak bertahan lama saat kami dapat di lantai teras,” ungkap Adra yang mengaku awal tahu adanya hujan es, dari percikan ke bajunya saat tengah duduk di teras rumah.

Bukan hanya di Padangpanjang, kejadian yang sama juga dirasakan warga Nagari Jaho, Kabupaten Tanahdatar yang tengah berada di sawah. Bersama tiga rekannya, Rahmad, 30, menyebut guyuran hujan lebat berbunyi seperti kerikil kecil di atap pondok tempat mereka berteduh.

“Kami berteduk di pondok yang baru saja diatap, hujan yang mengguyur tidak hanya lebat disertai angin kencang. Namun kami juga mendengar bunyi seperti kerikil halus yang ternyata buliran es, mendera atap pondok kami. Kejadinnya tidak berlangsung lama,” ungkap Rahmad melalui selularnya.

Herman Chan di Kelurahan Pasar Usang, mengaku juga melihat fenomena tersebut saat tengah memantau drainase kecil di halaman rumahnya. Angin yang bertiup cukup kencang ke arah selatan itu, turut membawa es berukuran kecil.

“Awalnya terdengar di atap seperti di lempar batu-batu kecil. Bersamaan dengan itu, sejumlah kecil memantul ke teras rumah. Kami sempat memungut beberapanya, namun es berukuran kecil itu cepat mencair di tangan,” beber Herman. (wrd/padek/JP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: