DPK Provinsi Bengkulu Dampingi Perpustakaan Bung Karno Buat Buku Jejak Sejarah Bung Karno

DPK Provinsi Bengkulu Dampingi Perpustakaan Bung Karno Buat Buku Jejak Sejarah Bung Karno

radarbengkuluonline.com,BENGKULU - Menapak tilas sejarah Presiden RI pertama (I) Soekarno yang pernah diasingkan di Provinsi Bengkulu. Perpustakaan Proklamator Bung Karno Belitar berkunjung ke Bengkulu menelusuri jejak Bung Karno di Bengkulu selama pengasingan. Tim perpustakaan Proklamator Bung Karno disambut hangat oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu di ruangkerjanya.

Kepala DPK Provinsi Bengkulu HM Sasdi M.Pd menjelaskan kunjungan tim Perpustakaan Proklamator Bung Karno ke Bengkulu, ini adalah untuk menapak tilas jejak Bung Karno di Bumi Rafflesi pada waktu pengasingan. "Mereka mencari refrensi dan literasi menggenai itu semua. dan akan dimaksimalkan selam 3 hari di Bengkulu dengan dibantu oleh tim dari DPK Bengkulu serta ditemani oleh sastrawan Bengkulu Agus Setianto,'' kata Sasdi usai menerima kunjungan Tim UPTD Perpustakaan Proklamator Bung Karno Belitar. ''Intinya Pemeintah Provinsi Bengkulu dan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah sangat bersyukur dan mengapresiasi produktivitas teman-teman dalam rangka meningkatkan literasi sejarah bangsa ini terutama proklamator kita,'' tambahnya.  

Agus Sutoyo Pustaka Ahli Madya, Perpustakaan Bung Karno menjelaskan kedatangan ke Bengkulu adalah untuk membuat buku mengenai Soekarno. "Bagaimana kita bisa mengapresiasikan, bagaimana koleksi-koleksi Bung Karno dan kita akan sampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat bisa lebih kenal dan paham tentang apa dan siapa Bung karno," kata dia.

Tentu masyarakat Indonesai sangat kenal siapa Proklamator Kemerdekaan RI. Namun secara detail siapa Bung Karno, masih banyak masyarakat belum menggenalnya. Hanya sekilas saja. Kami datang ke Bengkulu ini untuk menggali informasi-informasi yang ada di Perpustakaan di Bengkulu,'' jelas dia.

Sebab diketahui bersama Bengkulu ini memiliki sejarah yang sangat tinggi. "Dulu Bung karno pernah meminta doa kepada Buya Hamka, supaya bisa menjadi pemimpin negeri ini. Kujungan ini juga ikut hadir Budayawan Bengkulu Agus Setianto dan Supriyono, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Bengkulu Kegiatan juga dilanjutkan dengan diskusi bersama. (ae3/ADV)   Galeri Foto: Searah Jarum Jam: Foto 1 sampai 3. Diskusi dan pemaparan maksud dan tujuan ke Bengkulu Foto 4 dan 5. Pemberian condera mata berupa buku Foto 6. Sambutan hangat dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, HM Sasdi terhadap Tim Perputakaan Bung Karno dari Belitar    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: