Bebutok Bekuah, Makanan Warisan Nenek Moyang Yang Nyaris Hilang Dilombakan

Bebutok Bekuah, Makanan Warisan Nenek Moyang Yang Nyaris Hilang Dilombakan

radarbengkuluonline.com, SELUMA-  Ada yang sedikit berbeda yang dilakukan kalangan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemkab Seluma bersama GOW, Persit, Bhayangkari, BMT, PORhati dan pihak lainnya dalam memeriahkan HUT Kabupaten Seluma ke 19 tahun ini.  Salah satunya, melestarikan keberadaan makanan tradisional asli Seluma yang nyaris hilang. Adalah Bebutok Bekuah, makanan lezat yang dahulu kerap disajikan di pesta pernikahan dan jajanan Idul Fitri. Bentuk perhatian itu, Pemkab Seluma menggelar kegiatan lomba masakan tradisional " Bebutok ALAP."
  Perlombaan yang digelar Kamis (19/5) langsung dibuka oleh Bupati Seluma, Erwin Oktavian SE dan Wabup Seluma Drs Gustianto di halaman Gedung Daerah Serasan Seijoan. Lomba memasak Bebutok dikoordinir langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Seluma, Herawati Erwin Octavian.
" Kegiatan ini bekerjasama dengan organisasi wanita yang ada di Kabupaten Seluma. Yaitu DWP, GOW, PERSIT, SWV, Porhati, BKMT, Salimah, IKDS dan Bayangkari serta pihak terkait lainnya," sampai Ny. Herawati Erwin, kemarin.
Ditambahkannya, kegiatan tersebut bertujuan selain untuk melestarikan masakan tradisional Kabupaten Seluma, juga untuk mewujudkan tema Hari Jadi ke-19 Kabupaten Seluma. Yaitu "Besamo Njadika Seluma Alap."
Bebutok dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat. Diantaranya seperti tepung, kunyit, jahe, kembar, lengkuas, cabe, ikan busuk, kelapa parut, pedas padi, serta daun takas, daun semantung, dan daun selamat dan lain-lainnya.
Sementara itu, Bupati Seluma, Erwin Oktavian SE sangat mengapresiasi kegiatan lomba masak Bebutok dan pendap. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara mewujudkan Seluma ALAP. "Khususnya salah satu program kegiatan prioritas yaitu Seluma Berbudaya."
Setelah masakan "Bebutok ALAP" dinilai oleh dewan juri, kemudian seluruh masakan disajikan dan disantap bersama. (0ne) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: