Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (16)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (16)

Jalan Pembangunan ini dahulu merupakan padang luas yang ditanami cengkeh-Azmaliar Zaros-

 

16. Kelurahan Padang Harapan

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

 

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

 

 

 

Padang Harapan,  Tempat Harapan Orang Padang 

 

PADANG HARAPAN ini juga termasuk salah satu nama kelurahan unik di Kota Bengkulu. Kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Gading Cempaka. Kenapa daerah ini dinamakan Padang Harapan? Bagaimana ceritanya? Mau tahu! Ikuti saja tulisan Wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

PENDUDUK Padang Harapan yang pertama, Zainal Zakaria Labay yang dihubungi RADARBENGKULU.DISWAY.ID mengatakan, daerah ini dahulunya merupakan lapangan luas yang masih penuh dengan semak belukar. Karena itu, orangtuanya ingin menggarap lahan di daerah ini. Tanah ini mereka beli. Orangtuanya dahulu tingal di daerah ini sekitar tahun 1957. Saat itu tidak banyak penduduknya. ‘’Sebelum tinggal di Padang Harapan ini, orangtua saya tinggal di Kampung,’’ jelas bapak yang tinggal di Jalan Kapuas RT 14 No.47 Padang Harapan Bengkulu.

Jumlah orang yang berkebun karet saat itu ada puluhan orang. Antara lain Sutan Almar, Sirin Gindo, Bagindo Silih. Saat itu, mereka membuat pondok-pondok. Lama-kelamaan akhirnya dibuat rumah untuk menetap di daerah ini. 

Orangtuanya, Zakaria menggarap lahan ini untuk pertanian. Karena, daerah ini memang cocok untuk pertanian. Orangtuanya menanam karet untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun karena perkembangan zaman yang begitu maju, kebun karet itu akhirnya banyak yang ditebang warga. Mereka menjadikannya lahan itu untuk perumahan dan perkantoran.

Ada yang membangunnya untuk kantor Gubernur, kantor dinas instansi dan mesjid. Untuk rumah-rumah pribadi. ‘’Kebun karet itu dahulu banyak ditanam orangtuanya dan  rekan-rekannya yang berasal dari Minangkabau juga. Lokasi kebun itu di dekat rumahnya sekarang, ada juga yang buat kebun di dekat SDN 5, di dekat kantor Gubernur, di dekat mesjid Raya Baitul Izzah,’’ujarnya.

Sedangkan mengenai asal usul nama kelurahan tersebut, dia sendiri tidak tahu persis. Namun dia mendapat informasi dari orangtuanya, Zakaria bahwa daerah itu dahulu belum ada namanya. Lalu, warga akhirnya berembuk untuk mencari namanya.


Inilah Kantor Lurah Padang Harapan-Azmaliar Zaros-

Dalam rembukan yang dihadiri puluhan warga Bengkulu asal Minang itu banyak muncul nama-nama daerah sebagai calon. Namun yang disetujui dan kemudian ditetapkan jadi nama daerah itu adalah Padang Harapan. Maksudnya, Padang Harapan itu adalah tempat  yang penuh harapan dari orang Padang untuk mencari penghidupan. Mereka berharap daerah ini bisa memberikan harapan hidup yang lebih baik lagi nantinya.

Lokasi Padang Harapan itu zaman dahulu, paparnya, adalah di seputar SDN 5 Bengkulu dan SDN 21 ke arah siring pencucian mobil di dekat SMA Sint Carolus. Yaitu perbatasan antara Kelurahan Padang Harapan dengan Lingkar Barat. Tepatnya di rumah Zainal Zakaria Labay sekarang.   

Nama ini kemudian menyebar dari mulut-kemulut. Ketika daerah ini ditetapkan oleh pemerintah daerah menjadi kelurahan, maka namanya ditetapkan Padang Harapan. Nama itu masih lekat sampai saat ini.’’ Daerah Padang Harapan waktu dijadikan pemerintah daerah itu wilayahnya bukan hanya dari siring tempat pencucian mobil di dekat rumah kami (Zainal Zakaria Labay-red) sampai ke SDN 5 Bengkulu itu saja, akan tetapi juga sampai ke daerah Lempuing. ‘'Jadi, waktu itu daerahnya cukup luas,’’papar Zainal. 

Kelurahan Padang Harapan  ini memiliki luas sebanyak 25 hektare. Daerah ini letaknya sebelah Utara berbatasan dengan Samudera Indonesia. Sebelah selatan berbatasan dengan Jalan Gedang dan Jembatan Kecil. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Lempuing dan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Lingkar Barat.

Penduduk kelurahan ini juga terdiri dari berbagai suku bangsa. Ada Minang, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa, penduduk asli Bengkulu. Mata pencaharian penduduk di daerah ini antara lain PNS, TNI/Polri, swasta, buruh, dagang. Daerah ini merupakan pusat perkantoran di Provinsi Bengkulu. Disini antara lain ada berdiri kantor Gubernur Bengkulu, Korem, Imigrasi, DPRD Provinsi Bengkulu, Kantor MUI Provinsi, Akbid, Akper. (**)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: