Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (66)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (66)

Inilah wilayah Pasar Melintang-Azmaliar Zaros-

 

66. Kelurahan Pasar Melintang

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah.

Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected] Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

 

Pasar Melintang, Daerah Yang Memiliki Jalan Melintang

 

Pasar Melintang ini juga termasuk salah satu nama kelurahan unik di Kota Bengkulu. Kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Teluk Segara. Kenapa daerah ini sampai dinamakan Pasar Melintang? Bagaimana ceritanya? Ikuti saja tulisan Wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM berikut ini.

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu 

 

Pasar Melintang ini, kata sesepuh Adat dan tokoh masyarakat Pasar Melintang, Ikram, sudah lama sekali ada. Sejak dia terlahir ke dunia di daerah Pasar Melintang tanggal 20 Agustus 1936, nama Pasar Melintang itu sudah ada. Sehingga dia tidak tahu secara pasti kenapa daerah ini dinamakan Pasar Melintang tersebut.

Bahkan, paparnya, nama-nama unik kelurahan yang ada di Kota Bengkulu, seperti Pintu Batu, Kebun Roos, Jitra, Belakang Pondok Pondok Besi, Malabro, Pengantungan sudah lama ada. Sehingga dengan demikian banyak warga yang tidak tahu asal usul kenapa daerah ini secara pasti dinamakan begitu.

Yang ia ketahui itu, hanya sekilas saja. Tidak secara keseluruhan. Begitu juga halnya dengan nama Kelurahan Pasar Melintang ini. Dia juga hanya dapat  sekilas ceritanya dahulu dari orangtua-orangtua dahulu. 

Adapun cerita yang dia dapatkan tentang sejarah Pasar Melintang ini , paparnya, karena di daerah ini ada jalannnya yang melintang. Jalannnya yang melintang itu dari Pasar Melintang  ke arah Tebek, Anggut Atas. Karena adanya jalan yang melintang itu, maka warga menyebutnya daerah ini dengan nama Pasar Melintang itu.

BACA JUGA:Percepat Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional di Seluma

Sedangkan pasar, katanya, bukan berarti di daerah  ini ada pasar zaman dahulu. Tetapi pasar itu bermakna tempat berkumpulnya orang-orang zaman dahulu. Sebab daerah ini dahulu adalah tempat tinggal warga Bengkulu. Hanya saja waktu itu jumlah penduduknya tidak banyak. 

''Dahulu, kalau tempat orang berkumpul itu dinamakan pasar,'' jelasnya.

Karena daerah ini dahulu ada penduduknya dan ada jalan yang melintang, maka warga menyebutnya dengan Pasar Melintang. ''Kalau tahun berapa dinamakan dan ditetapkan Pasar Melintang itu, saya tidak tahu juga. Karena, sebelum saya lahir, nama itu sudah ada.''

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (65)

Lebih lanjut dikatakan, nama Pasar Melintang itu adalah sebutan warga saja. Itu karena sudah biasa atau sering disebut warga dengan nama Pasar Melintang, akhirnya nama itu makin dikenal warga di daerah ini dan juga warga dari daerah lain. Ketika daerah ini dijadikan desa, nama ini kemudian disepakati dan disetujui warga jadi desa.

Begitu juga halnya ketika daerah ini kemudian diusulkan jadi kelurahan, maka warga menyetujuinya jadi Kelurahan Pasar Melintang. ''Pemerintah  itu tinggal mengukuhkan nama yang sudah ada tersebut.''


Inilah Kantor Lurah Pasar Melintang-Azmaliar Zaros-

Kelurahan Pasar Melintang ini luasnya tidak seberapa. Yaitu, hanya 17,5 hektare. Mereka ini tersebar di 6 Rukun Tetangga (RT) dan 2 Rukun Warga (RW).

Mata pencarian warga di daerah ini pun bermacam-macam. Ada PNS, buruh, karyawan swasta, dagang. 

Penduduknya pun terdiri dari berbagai suku. Antara lain Minang, Sumsel, Jawa, Bengkulu, Serawai, Rejang, Lembak, China Keturunan.

Kelurahan ini terletak sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Pintu Batu. Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Kebun Geran dan Kelurahan Anggut Dalam. Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Jitra. Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Anggut Atas dan Kelurahan Pasar Baru.

Fasilitas yang ada di daerah ini antara lain ada Puskesmas Pembantu, Bank Mega, Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, Perumahan Oase, ada mesjid, ada musalla, mini market.

Sumber: