Libur, WBP Lapas Arga Makmur Tetap Produksi Meubeler

Libur, WBP Lapas Arga Makmur  Tetap Produksi Meubeler

WBP Lapas Arga Makmur sedang mengerjakan meubeler pesanan konsumen saat hari libur-Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULU.DIWAY.ID - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Arga Makmur, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu meningkatkan produktivitas Narapidana binaannya melalui kegiatan pembinaan kemandirian.

BACA JUGA:Dukcapil Kota Bengkulu Sudah Antisipasi Perubahan Adminduk

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Rudy Fernando Sianturi melalui sambungan telepon menjelaskan bahwa Lapas Arga Makmur merupakan salah satu Lapas yang ditetapkan sebagai Lapas Produktif berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Nomor PAS-679.PK.01.05.11 Tahun 2019 tentang Penetapan Kegiatan Industri di Lembaga Pemasyarakatan Produktif.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (19)

''Saya mengapresiasi kerja keras dan produktivitas yang dilakukan Bimker Lapas Arga Makmur, walaupun dihari libur mereka tetap menjalankan produksinya, '' ujar Kadivpas.

BACA JUGA:Program Baru Walikota Helmi, Yuk Nikah

Menanggapi produktivitas yang dilakukan WBP Lapas Arga Makmur, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Erfan yang dihubungi melalui sambungan telepon mengharapkan agar WBP dapat diberdayakan. Salah satunya dengan mempekerjakan mereka di Bimker Lapas agar produktif dan bermanfaat baik bagi dirinya selama menjalani masa pidana di Lapas maupun nanti setelah keluar dapat dijadikan sebagai bekal dalam kehidupan di masyarakat. Selanjutnya dalam melaksanakan aktivitas produksi agar selalu berkoordinasi dengan tetap memperhatikan faktor keamanan di Lapas.

BACA JUGA:Provinsi Bengkulu Raih Lima Terbaik Nasional IKIP 2022

Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi mengatakan bahwa tugas utama Lapas adalah pembinaan. Salah satunya pembinaan Kemandirian kepada WBP, hal ini dilakukan dengan meningkatkan produktivitas narapidana dengan membuat karya. Salah satunya pembuatan meubeler. Dimana hasilnya nanti, sebagian keuntungan diberikan upah atau premi kepada WBP yang melakukan produksi tersebut dan sebagian disetorkan ke kas negara sebagai PNBP.

Proses pembinaan kemandirian yang dilakukan mulai dari asesmen, rekrutmen sampai dengan Pelatihan Keterampilan Bersertifikat. ''Saat ini kita sedang membuat lemari sepatu yang merupakan pesanan dari konsumen. Walaupun di hari libur Minggu ( 31/07/2022 ) kita tetap berproduksi atas izin Kalapas agar pesanan tersebut cepat selesai, '' ujar Kasubsi Kegiatan Kerja, Syarif Hidayat yang membimbing, mengawasi dan mengomandoi langsung kegiatan kerja produksi di Bimker Lapas Arga Makmur ini. (bri)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: