Sekda Hartono Minta OPD Kepahiang Bayar Pajak Randis

Sekda Hartono Minta OPD   Kepahiang Bayar Pajak Randis

Sekretaris Daerah Kepahiang, Dr.Hartono,M.Pd-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kepahiang, Dr.Hartono,M.Pd menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kepahiang, sebelumnya sudah dua kali keluarkan SE terkait dengan teguran kepada seluruh OPD lingkup Pemda, kepatuhan membayar pajak kendaraan dinas (randis).

Termasuk pengguna randis yang dipinjampakaikan kepada Kades, Imam serta pengguna kendaraan bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDT) untuk segera memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan dinas.

BACA JUGA:Transaksi ATM BRI Dibatasi

"Kendaraan dinas yang digunakan pihak OPD seluruhnya telah diinventarisir untuk itu wajib bagi OPD memenuhi kewajiban serta patuh dalam membayar pajak. Jika masih ngeyel, maka kendaraan dinasnya akan ditarik," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (25)

Sebelumnya, Kepala BKD melalui Bidang Aset telah menindaklanjuti perintah Bupati terkait kepatuhan pembayaran pajak kendaraan dinas dengan mendata jenis kenderaaan yang digunakan pihak OPD. Baik R2, R3, R4 dan R6. 

BACA JUGA: Lapangan Merdeka Ramai Dikunjungi Warga untuk Melihat Tabut

Selain itu, lanjut Dendi, ” Atas dasar surat teguran Bupati maka telah kita sampaikan kepada segenap OPD, Camat (untuk diteruskan kepada pegguna kendaraan dinas di Desa) agar segera menyelesaikan kewajiban dimaksud. "Hingga saat ini dari 35 OPD yang terdata (terentri) baru 12 OPD menyelesaikan kepatuhan pembayaran pajak randis. Data ini kita peroleh secara langsung dari Sekda," ujarnya.

Disisi lain Plh. Kepala UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kepahiang, Ikbal Fasha, S.Sos menyampaikan, dalam rangka peningkatan PAD salah satu dibidang pajak kendaraan khusus pajak randis, UPTD telah bersinergi bersama Satlantas Polres Kepahiang dengan melaksanakan operasi patuh bayar pajak untuk memantau dan memeriksa kelengkapan pengendara terutama mengenai kepatuhan pembayaran pajak.

"Saat ini bersama staf telah mengaplikasikan pemutakhiran data randis di setiap OPD. Contoh  Randis yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepahiang R2 ada berapa, R4 ada berapa. Termasuk pelunasan pajak tahun berjalan juga terkait tunggakan nanti kentara kenderaaan apa saja yang belum memenuhi kewajiban dimaksud."(crv).

 

Sumber: