Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (40)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (40)

Jalan Cendrawasih menuju ke arah perbatasan Pasar Melintang ini dahulu merupakan tanah milik tuan Geran-Azmaliar Zaros-

 

40. Kelurahan Kebun Geran

 

BENGKULU, RADARBENGKULU -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 


Inilah Kantor Lurah Kebun Geran, Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

Kebun Kelapa Itu Akhirnya Jadi Nama Kelurahan Kebun Geran  

 

Kelurahan yang satu ini juga unik. Namanya Kelurahan Kebun Geran. Saya yakin Anda sudah tahu itu. Kelurahan ini masuk dalam wilayah Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Kenapa daerah ini dinamakan Kebun Geran? Bagaimana sampai dinamakan Kelurahan Kebun Geran? Anda sudah tahu itu, seperti biasa, silahkan baca lanjutan laporan wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID selanjutnya di bawah ini.

 

AZMALIAR ZAROS - Kota Bengkulu 

 

Kebun Geran ini, kata mantan Ketua Adat Kelurahan Kebun Geran  periode 1989-2009, H.Rustam Mustafa, sudah lama sekali ada. Sejak dia kecil, nama daerah itu sudah disebut Kebun Geran. Sehingga, ia tidak tahu secara pasti  kenapa daerah ini dinamankan Kebun Geran tersebut.

Menurut cerita yang dia dengar dan dapatkan dari orangtua zaman dahulu, daerah ini dinamakan Kebun Geran karena tanah itu dahulunya milik tuan Grand. Ia adalah orang Belanda. Oleh orang Bengkulu, nama dan tulisan itu dibaca dengan Geran.

''Hanya soal logat dan tulisannya saja yang berbeda. Sedangkan namanya sama, ''jelas Rustam yang tinggal di Jalan Cendrawasih Kebun Geran.

Tanah milik Geran ini dahulunya, katanya, adalah seluruh wilayah Kebun Geran. Mulai dari kita masuk ke daerah Kebun Geran dari Jalan Suprapto sampai ke siring  perbatasan dengan wilayah Pasar Melintang.

BACA JUGA:Banyak Dokumen Penting dan Aset Setwan Hanyut dan Rusak Akibat Banjir

Daerah ini dahulu, lanjutnya, masih hutan semua. Dan, disini banyak binatang buas. Tanah ini dahulu banyak ditanam pohon kelapa. Sehingga hampir seluruh tanah ini banyak dengan tanaman kelapa.'' Siapa yang menanamnya, saya kurang tahu juga.Karena waktu saya kecil, tanaman kebun kelapa juga sudah ada,''jelasnya.

Karenanya bentuknya sudah seperti perkekbunan kelapa, maka oleh warga disebut dengan kebun kelapa. Karena kebun ini milik tuan Geran, maka warga menyebut dengan Kebun Geran. Karena, kebun kelapa ini adalah memang milik tuan Geran.

Sebutan itu menyebar dari mulut ke mulut. Sehingga nama Kebun Geran jadi melekat dan tersohor jadi nama Kebun Geran. Kalau orang bertanya dimana dia tinggal, maka dia menyebut dekat dengan Kebun Geran.

 BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (39)

Karena nama Kebun Geran ini sudah dikenal, maka nama daerah ini akhirnya dijadikan nama desa Kebun Geran. Kemudian, berubah dan dikukuhkan pemerintah menjadi nama Kelurahan Kebun Geran. Sampai kini, nama itu masih dipakai.

Sedangkan tahun penyebutan nama desa dan Kebun Geran dia juga tidak tahu secara pasti. Karena, orangtua dahulu juga tidak tahu tahun pengukuhannya itu. Namun yang jelas dia mengatakan sudah lama sekali. ''Tapi itu diperkirakan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Kelurahan Kebun Geran ini sendiri luasnya ada 17 hektar. Mata pencaharian penduduk setempat , itu ada bermacam-macam. Ada yang PNS, ada yang swasta, karyawan toko,buruh harian, tukang, pedagang. Penduduknya juga ada bermacam-macam suku bangsa. Ada penduduk asli Bengkulu, dari suku Minang, Medan, Jawa, Palembang, China keturunan.

Letak kelurahan ini adalah, sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Pintu Batu. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Kebun Dahri dan Kelurahan Belakang Pondok. Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Pasar Melintang. Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Anggut Dalam.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: