Bupati Mian Sidak Harga Sembako di Pasar Purwodadi Arga Makmur

 Bupati Mian Sidak Harga Sembako   di Pasar Purwodadi Arga Makmur

Bupati Mian sedang berdialog dengan pedagang saat sidak-Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULUONLINE.COM - Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir.H.Mian didampingi Asisten II Dr. Dodi Hardinata, S.Sos, M.Si, Kabag Ekonomi, Kadis Dinas Ketahanan Pangan BU, Disperindag BU melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) dan monitoring terhadap harga Sembako di Pasar Purwodadi Arga Makmur Rabu (31/8/2022).

Dalam sidak tersebut Bupati Mian menanyakan harga bahan kebutuhan pokok pada beberapa pedagang secara acak. Dari hasil sidak, Bupati Mian menjelaskan bahwa melihat perkembangan harga secara nasional angka inflansi Indonesia masih terjaga. Tapi yang menyebabkan naik turunnya angka inflansi ini juga tidak terlepas dari daerah.

“Saya bersama pak asisten, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi kita melihat permasalahan ini apakah ada kenaikan diharga,  telur kah, di cabe, ayam dan lainnya. Dan antar pasar kita melihat adakah disparitas atau ketimpangan harga di pasar yang lainnya di Kab BU, kita mohon Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan mengobservasi antar pasar lainnya di  pasar se-Kab Bengkulu Utara,”ucap Bupati Mian.

Sementara itu diwaktu yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Heri Purnomo dalam keterangannya mengatakan, kita setiap harinya  monitoring secara terjadwal terhadap harga sembako.

BACA JUGA:Bapemperda DPRD Kota Bengkulu Setujui Revisi Perda Penyelenggaraan Perparkiran

Dalam data disampaikan Dinas Ketahanan Pangan bahwa menunjukan variasi harga pangan pokok saat ini dimana pada komoditas beras premium Rp11.000/Kg. Beras Medium Rp 10.500/Kg dan untuk harga kacang kedelai biji Rp12.700/Kg. Kemudian bawang merah di harga Rp32.000/Kg nya, untuk gula pasir Rp14.000, kemudian harga untuk daging ayam ras yaitu sekitar Rp34.000/kg.

Untuk komoditas daging khususnya daging sapi murni yaitu Rp140.000/Kg. Lalu untuk harga bawang putih bongol Rp 23.000/Kg.

“Harga komoditas lain untuk telur ayam ras perhari ini yaitu Rp 29.000/Kg, untuk harga Cabe merah kriting harga perkilogramnya yaitu Rp 60.000/Kg dan untuk Cabe rawit merah di harga Rp 50.000 per kilo gramnya,”terangnya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (47)

Sedangkan untuk minyak goreng  dalam kemasan sederhana yaitu Rp15.000/Kg dan untuk harga terigu yaitu Rp11.500/Kg.

Perkembangan harga pangan pokok strategis dijelaskan tepatnya pada bulan Agustus 2022 sampai dengan minggu -minggu ini, kenaikan harga sebagian besar terjadi karena faktor persediaan dan jalur distribusi yang cukup panjang, sehingga mendorong para pedagang untuk menaikan harga jual yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: