Pelaku UMKM Bengkulu Ekspor Lintah

Pelaku UMKM Bengkulu Ekspor   Lintah

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bengkulu bantu ekspor lintah Bengkulu-Azmaliar Zaros-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting sebagai critical engine dalam pemulihan perekonomian nasional dengan menggerakkan ekonomi rakyat hingga pada level terkecil.

Bea Cukai, sebagai industrial assistance, secara aktif mengasistensi para pelaku UMKM di wilayah Sumatera untuk memasarkan produk ke pasar global.

“UMKM merupakan salah satu pilar penting perekonomian Indonesia. Sektor UMKM mampu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan,” ungkap Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai C Bengkulu, Ardhani Naryasti.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai Bengkulu, bersama BPKIM, Garuda, dan Angkasa Pura II melaksanakan asistensi ekspor kepada UMKM Sultan Lintah Indonesia sebanyak 1.000 ekor di Terminal Cargo Bandara Fatmawati-Soekarno pada Rabu, 21 September 2022.

BACA JUGA:Bengkulu Kirim Tiga Perwakilan Lomba Asik Bang ke Nasional

Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Bengkulu juga melakukan diskusi dan memberikan edukasi tata cara ekspor hingga penyampaian fasilitas yang diberikan Bea Cukai dalam melakukan ekspor.

Ardhani mengungkapkan bahwa lintah hidup merupakan komoditas yang banyak dicari di negara Malaysia dan Rusia. Lintah hidup dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengobatan alternatif untuk mengatasi hipertensi, mengobati diabetes, mempercepat pertumbuhan luka, serta menjaga kesehatan kulit.

“Melihat potensi besar di pasar internasional, Bea Cukai mendorong pelaku UMKM Sultan Lintah Indonesia untuk melakukan ekspor mandiri komoditas lintah hasil budi dayanya,” imbuhnya.

BACA JUGA: Blok Lapas Perempuan Bengkulu Digeledah

Pihaknya berharap kegiatan ekspor ini akan terus berlanjut dan mendorong UMKM komoditas lainnya di Provinsi Bengkulu dapat melakukan ekspor produknya ke luar negeri.

“Kami berharap, melalui asistensi dari Bea Cukai dapat membantu menjalin hubungan baik Bea Cukai Bengkulu dengan pengguna jasa, serta memberikan solusi dalam mendukung pelaku UMKM untuk menembus pasar internasional,” pungkas Ardhani.

 

Sumber: