Kepahiang Segera Salurkan BLT-BBM Sebanyak Rp 2,2 Miliar

Kepahiang Segera Salurkan   BLT-BBM Sebanyak Rp 2,2 Miliar

Bupati Kepahiang memberikan arahan dalam rapat terkait inflasi -Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Sesuai dengan Permen Keuangan Nomor 134 tahun 2022 yakni adanya kewajiban pemerintah daerah untuk menganggarkan sebesar 2 persen dari DAU dan DBH triwulan ke 4 untuk BLT-BBM, Bupati Kepahiang, Dr.Ir.H.Hidayatullah Sjahid, MM.IPU menjelaskan, sementara di Pemerintahan Kabupaten Kepahiang sendiri, 2 persen dari anggaran DAU dan DBH tersebut kurang lebih sebesar Rp 2,2 miliar. 

"Dari anggaran yang telah kita siapkan tersebut akan dibagikan ke 5 OPD sebagai liding sektor penyaluran BLT-BBM. Kelima OPD tersebut yaitu Dinas Sosial, Perhubungan, Pertanian, Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker)."

Dari anggaran Rp 2,2 M, sesuai pengajuan dari masing-masing OPD seperti Dinsos mendapat kuota anggaran BLT-BBM sebesar 54 juta rupiah, Perhubungan Rp 175.050 juta, Pertanian Rp 314 juta, Tenaga Kerja Rp 165 juta, dan angka paling besar di Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM sebesar Rp 1,4 milar lebih.

BACA JUGA: Mahasiswa - Dewan Provinsi Adu Mulut Saat Demo BBM

"Ya, perencanaan ini telah kami samapaikan pada 15 September kemarin dan realisasinya akan dilaksanakan pada 15 Oktober nanti. Nanti kalo data sudah singkron,  kami minta masing-masing penerima untuk mempersiapkan buku rekening ke Bank Bengkulu. Kemudian langsung ditransfer ke penerima," ujarnya.

Kepala BKD Kepahiang, Jono Antoni, menyampaikan, untuk pencairan anggaran ke setiap OPD sendiri, jika nanti pihak OPD sudah melakukan persiapan penyaluran ke penerima manfaat, ketika semua pemberkasan sudah diselesaikan, otomatis akan langsung dicairkan ke rekening OPD masing-masing.

BACA JUGA:Ada 1.000 Durian Disiapkan per Hari untuk Acara Festival Durian

"Mungkin saat ini OPD yang mendapat kuota tengah menyiapkan pemberkasan dan regulasi penyaluran agar tepat sasaran. Jika nanti sudah diajukan kepada kita, akan kita cairkan ke rekening masing-masing."

 

 

Sumber: