Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bengkulu Utara Sukses

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bengkulu Utara Sukses

Bupati Mian dan para pejabat Bengkulu Utara foto bersama usai ikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila -Berlian-

 
 
ARGA MAKMUR, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober. Tahun ini upacara dilaksanakan di halaman Pemda Bengkulu Utara, Sabtu pagi (01/10/2022).
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yakni Dandim 0423 BU, Inf. Made Mahardika SH. M.IP dengan tema peringatan tahun ini "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.”
 
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini turut dihadiri oleh Bupati Ir.H.Mian, Wakil Bupati Arie Septia Adinata SE, M.Ap, Sekda Dr.H.Haryadi S.Pd, MM, M.Si, Forkopimda, anggota DPRD dan pimpinan SKPD juga TNI/Polri, ASN, Tokoh Pemuda serta Pelajar.
 
Irup, Dandim 0423 BU Inf. Made Mahardika SH. M.IP menegaskan bahwa Pancasila adalah harga mati bagi seluruh bangsa Indonesia.  Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila harus tetap diajarkan pada sekolah-sekolah di Tanah Air dan ditanamkan pada anak bangsa sejak dini.
 
Seusai upacara, Bupati Ir.H.Mian menyampaikan, tentunya momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus menjadi suatu spirit narasi bersama bahwa ideologi negara kita Pancasila dan ke Bhinekaan serta posisinya pluralisme menjadi bagian dalam hal yang harus kita laksanakan jadi semangat dari Pancasila.
 
 
“Seperti apa yang disampaikan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar negara ini harus didasari dengan kelima dasar ideologi Pancasila dan penyampaian itu tidak hanya dalam retorika seremonial saja. Akan tetapi harus diucapkan, harus ditanamkan dalam jati diri setiap individu bangsa Indonesia,” ucap Bupati Mian.
 
Sementara itu, Koordinator acara, Alfi Syahrin yang juga Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Bengkulu Utara mengatakan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 yang jatuh pada hari Sabtu (1/10/2022), sesuai regulasi dilaksanakan secara sederhana dan khidmat. 
 
 
"Melalui pembacaan ikrar yang dibacakan langsung oleh Ibu Ketua DPRD Bengkulu Utara, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. Pancasila Harga Mati, NKRI Harga Mati.  Adapun tema peringatan tahun ini adalah "Bangkit Bergerak, Bersama Pancasila", ujar Alfi Syahrin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: