Momentum 2 Abad Traktat London 1824 Menduniakan Bengkulu

Momentum  2 Abad Traktat London 1824 Menduniakan Bengkulu

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu HM. Meri Sasdi, M. Pd foto bersama-Adit-

 
 
BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID   - Lewat momentum napak tilas perjanjian Traktak London 1824,  Bengkulu akan  mendunia. Bengkulu pun bersiap. 
 
Pada tanggal 17 Maret 2024 yang akan datang genap berusia 200 tahun atau  2 abad Traktat London.
 
Momentum tersebut dapat mengangkat nama Bengkulu ke pentas dunia melalui berbagai kiat dan segala nasional dan internasional yang akan digelar oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu. 
 
"In shaa Allah seperti Seminar Internasional Sejarah Inggris dan Belanda di Bengkulu traktat London. Lalu, yang kedua Bengkulu Bisnis Forum untuk peningkatan kerjasama bidang investasi dan pariwisata, khususnya sektor kemaritiman. Berikutnya, ada Festival Bahari pergelaran seni budaya perkemahan Pemuda internasional. Perahu Layar Singapore Bengkulu dan lain sebagainya serta Museum Diorama Fatmawati pun sedang berproses, "kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu HM. Meri Sasdi, M. Pd kepada  RADARBENGKULU.DISWAY.ID kemarin.
 
HM Sasdi mengatakan, sejarah Bengkulu ini adalah sebuah arsip yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan Bengkulu.
 
Dalam sejarahnya Bengkulu sangat bersejarah. Dahulu berstatus sebagai salah satu wilayah kekuasaan Inggris. Lalu Pemerintahan Hindia Belanda. Muncul pertanyaan besar bagi kita semua,. kenapa di Bengkulu dibangun Benteng Marlborought, Benteng pertahanan terkuat dan terbesar Inggris.
 
Ada lagi beberapa benteng pertahanan. Lalu ada rumah Dinas Gubernur. Kemudian Kompleks Pemakaman Inggris.
 
Demikian juga masa kolonialisme Belanda banyak sekali peninggalan sejarah yang menjadi saksi atas penyelenggaraan penjajahan Belanda di Bengkulu.

 

 
Kemudian sejarah Ibu Fatmawati, sosok perempuan yang menjahit bendera merah putih. Peninggalan sejarah tersebut tentu menjadi kekayaan bangsa. Karena, itu dapat dijadikan sebagai bukti perjuangan bangsa dalam memerangi kolonialisme imperialisme barat. 
 
 "Tentu harus kita ingat kembali, kita buka kembali lembaran-lembaran sejarah dari hasil perjuangan-perjuangan para pendiri bangsa ini. Lalu kita jadikan sebagai momen yang tepat bagaimana untuk menata Bengkulu ke depan.''
 
 
Oleh karena itu, ke depan mulai dilakukan diskusi-diskusi, dialog-dialog. ''Ini dilakukan oleh kita dijadikan  sebagai pemicu bagaimana membangun Provinsi Bengkulu dengan potensi yang luar biasa. Baik potensi sejarah, ya potensi sumber daya alam, itu pasti ya bagaimana kita membawa Provinsi Bengkulu ke depan atau menjadi penghulu yang maju sejahtera dan hebat.''
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: