Hujan, Cuaca Ekstrem Diperkirakan Hingga Akhir Tahun

Hujan, Cuaca Ekstrem Diperkirakan Hingga Akhir Tahun

logo BMKG--

 


BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kondisi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang di Provinsi Bengkulu diprediksi terjadi hingga Desember bahkan tahun baru 2023. Ini berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu.

Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu, Anjasman mengatakan, Desember bahkan tahun baru nanti diperkirakan cuaca ekstrem di Bengkulu masih terjadi. "Cuaca ekstrem tersebut diprediksi merata di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu ini," ungkap Anjasman, kemarin (15/11).

Menurutnya, hari ini (kemarin, red) dan Selasa (15/11) besok juga masih diprediksi jika cuaca di Bengkulu masih berpotensi berawan, hingga hujan dengan intensitas tinggi. "Selain itu juga berpotensi disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Anjasman.

Ia menjelaskan, cuaca seperti hari ini merupakan dampak dari beberapa sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu. Sedangkan di bagian Utara dan Timur Pulau Sumatera, menyebabkan adanya belokan angin dan perlambatan kecepatan angin melewati wilayah Bengkulu.

"Selain itu juga ada suplai uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Sumatera bagian Barat yang signifikan. Kemudian adanya kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas," terangnya.

Lebih jauh disampaikannya, labilitas udara juga terpantau cukup kuat di atmosfer Bengkulu. Sehingga dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu. "Kondisi cuaca seperti ini, kita perlu mewaspadai potensi bencana seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: