Sampel Darah Sapi Bengkulu Selatan Diminta

Sampel Darah Sapi Bengkulu Selatan Diminta

Kabid Peternakan dan Kesehatan Bengkulu Selatan,Hewan Yasirli,S.Pt.MM -Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Balai Veteriner Lampung yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan meminta pihak Dinas Pertanian (Distan) Bengkulu Selatan untuk mengambil sampel darah hewan ternak sapi untuk diuji sampel darahnya untuk mengetahui kekuatan imun di dalam tubuh hewan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Edi Siswanto,S.Pt melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Yasirli,S.Pt.MM menyampaikan sempel dari ini diambil untuk menguji kualitas vaksin yang digunakan dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang diberikan kepada sapi sebanyak dua kali.

"Seberapa bagus kualitas vaksin ini untuk membangun imun dalam tubuh sapi dari vaksin yang sudah kita lakukan untuk tahun 2022 ini sebanyak vaksin pertama 1500 ekor ,vaksin kedua sebanyak 300 ekor. Tetapi yang diambil sample adalah sapi yang sudah melakukan vaksin sebanyak dua kali,"ujar Yasirli saat ditemui  RADARBENGKULUONLINE.COM Minggu (20/11).

BACA JUGA:Kepiting Bakau Bengkulu Diekspor

Pihaknya, lanjutnya, kini mendapatkan bantuan vaksin kembali sebanyak 3000 dosis. Nantinya akan dilakukan vaksin kepada hewan ternak. Sampai akhir tahun, semuanya sudah selesai.Tetapi yang menjadi kendala bagi petugas dilapangan masih banyaknya hewan ternak yang diliarkan.

Saat ini, untuk pandemi PMK  belum dinyatakan hilang. Berdasarkan laporan dari petugas dilapangan, sampai saat ini belum ada penambahan kasus. Tetapi ada dibeberapa daerah yang hewan ternaknya mengalami gejala PMK.

BACA JUGA:Gubernur Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

"Karena petugas kami sudah berpengalaman mengatasi kejadian seperti ini,petugas kita langsung cepat mengantisipasinya.Yang kami lakukan langsung melakukan vaksin serta memberikan vitamin dan melakukan isolasi ternak. Sehingga penyebaran bisa kita atasi,"pungkas Yasirli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: