Pementasan Seniman Padang di Bengkulu Sukses

Pementasan Seniman Padang di Bengkulu Sukses

Drs. Tulus Indra Kadir, M.Pd, H. Syah Bandar, S.Pd, Mardin Sonni Syair, S.Pd, Ka. Prodi PGSD UNIB Pebrian Tarmizi, M.Pd dan Iluni berfoto bersama (ATAS). Salah satu tarian dari mahasiswi UNP Fakultas Seni dan Budaya (BAWAH)-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pementasan seni dari para seniman Provinsi Sumatera Barat hari Jumat, 2 Desember 2022 lalu sukses.

Hadir pada acara yang bertempat di Ballroom Raffles City Hotel Kota Bengkulu tersebut, Drs. Tulus Indra Kadir, M.Pd, Novrizal, M.Pd, staf pengajar UNP, H. Syah Bandar, S.Pd, guru SMAN 2 Kota Bengkulu yang juga seniman nasional dari Bengkulu, Mardin Sonni Syair, S.Pd, Ka. Prodi PGSD UNIB Pebrian Tarmizi, M.Pd, mahasiswa-mahasiswi Universitas Negeri Padang (UNP), Ikatan Alumni (iluni) dan kurang lebih 150 orang pelajar.

Sebelum pementasan, H. Syah Bandar, S.Pd selaku tetua Iluni dan Drs. Tulus Indra Kadir, M.Pd dari UNP menyampaikan kata sambutan.

Dalam kata sambutannya, H. Syah Bandar, S.Pd mengatakan, dengan adanya agenda ini membuat Iluni Universitas Negeri Padang (UNP) yang ada di Provinsi Bengkulu bergairah kembali.

"Dikarenakan kesibukan masing-masing alumni membuat banyak agenda menjadi terjeda, sehingga dengan adanya agenda dari almamater ini membuat hati nurani tergerak dan hubungan silaturahmi yang dulunya jarang bertemu menjadi erat kembali," ujar pria yang juga menjabat sebagai General Manager (GM) RADAR BENGKULU ini.

Sementara itu, Drs. Tulus Indra Kadir, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada DPW Iluni UNP Provinsi Bengkulu dan semua pihak sehingga pementasan ini berlangsung lancar dan sukses.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPW Iluni UNP Provinsi Bengkulu atas sambutan dan bantuannya , support dari kawan-kawan alumni yang telah menjadi guru di sekolah dan para pelajar yang sangat antusias datang pada pementasan ini. Tidak ketinggalan juga, menyampaikam permohonan maaf dari Dr. Indra Yuda, PhD selaku Dekan III (Fakultas Bahasa dan Seni , red) UNP yang berhalangan hadir," ujar alumni Universitas Sumatera Utara (USU) Medan jurusan Etno Musikollogi ini.

Penampilan drama, tari tradisional, tari modern, solo vokal, instrumental disuguhkan membuat decak kagum para penonton. Di puncak acara tampil tim musikalisasi puisi yang ternyata pada September 2022 lalu menyabet juara 2 tingkat nasional di Yogyakarta membuat penonton semakin kagum.

Ditemui RADARBENGKULUONLINE COM  sesaat setelah selesai acara, Novrizal, M.Pd dan Drs. Tulus Indra Kadir. M.Pd mengungkapkan misi kedatangan kali kedua UNP dalam hal ini Fakultas Seni dan Budaya ke Provinsi Bengkulu ialah menyiapkan PKS dengan Dikbud Provinsi dan Dikbud Kota/Kabupaten.

"Ini adalah kali kedua kami (UNP , red) berkunjung ke Provinsi Bengkulu. Kali pertama di Desember 2019 lalu. Misi kami kali ini disamping pementasan yang baru saja usai, menyiapkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dikbud Provinsi dan Dikbud Kota dan Kabupaten yang ada di wilayah Bengkulu. Dimana, PKS ini merupakan payung hukumnya," kata Nono sapaan akrab Novrizal ini.

BACA JUGA:Mantan Bendahara Baznas Bengkulu Selatan Ditahan

Lanjut Nono, kelompok implementasinya ialah MGMP. "PKS ini sebetulnya yang bekerjasa adalah fakultas dalam hal ini Dekan dengan Dikbud atau Diknas tersebut. Dibawahnya kontak narahubung antara Ketua Prodi dengan Ketua Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya, bentuk kerjasamanya berupa pelatihan, pementasan bersama dan penelitian, kesemuanya terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar mantan wartawan majalah Gatra dan Metro TV ini.

Ujar Nono, semoga pengajuan PKS kepada pemda setempat dapat segera disetujui agar pementasan kolaborasi dwi budaya ini dapat terwujud dalam tahun ini.

BACA JUGA:Jawa Barat Kembali Diguncang Gempa

Kemendikbud, lanjut Nono, sangat mendukung hal ini. " Kemendikbud RI mengharuskan banyak melakukan kerjasama dengan berbagai instansi di luar. Baik itu di luar daerah dan di luar bidang, dan itu merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi," tutur pria asli Kabupaten Batusangkar ini.

Malah, tambah Drs. Tulus Indra Kadir. M.Pd, dari staf pengajar kami berkeinginan mengadakan workshop randai (silat tradisional Minangkabau , red). Khusus untuk worhshop randai ini bisa bekerjasama antara Iluni UNP dengan Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: