12 Manfaat Bermain Lato-Lato, No 6 dan no 10 Yang Paling Baik Untuk Anak-Anak

12 Manfaat Bermain Lato-Lato, No 6 dan no 10 Yang Paling Baik Untuk Anak-Anak

Gubernur Jawabarat, Ridwan Kami dan Presiden Jokowi saat memainkan permainan Lato-lato-IG Ridwan Kamil-

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Ada - ada saja permainan anak-anak yang multi fungsi. Apalagi dimainkan oleh seorang kepala negara yakni Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Mendadak permainan tersebut menjadi viral. Begitu viralnya permainan lato-lato ini, membuat banyak orang penasaran. Bagaimana cara memainkannya dan manfaatnya.

Diprovinsi Bengkulupun tidak mau ketinggalan, anak-anak hampir diseluruh pelosok kabupaten dalam Provinsi Bengkulu mulai menyerbu permainan tersebut. Bahkan di Rejang Lebong, Kepahiang, Kota Bengkulu, Kaur, Lebong dan kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu, pejual mainan banyak yang kehabisan stok untuk memenuhi permintaan orangtua untuk membelikan anak-anaknya permainan lato-lato. Walapun sebelumnya banyak orang tua terkejut ketika anaknya minta dibelikan permainan BACA JUGA:Mahar 20 Ribu, Egi Saputra Nikahi Silvia di Rutan Bengkululato-lato.


Agar kamu tidak gagal paham, mengenai permainan ini, berikut sejarah dan manfaat permainan lato-lato yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bukan permainan asli Indonesia.
Permainan lato-lato, bukanlah permainan tradisional asli Indonesia. Permainan lato-lato adalah permainan tradisional yang berasal dari Amerika Serikat.
2. Nama asli permainan Lato-lato adalah Clackers Balls Toys. Awalnya dikenal dan dimainkan oleh anak-anak dari daerah Sulawesi Selatan. Khususnya daerah Makassar hingga beberapa daerah di Pulau Jawa sejak era tahun 90-an.
3. Cara bermain lato-lato adalah kamu harus menyeimbangkan dua bola berbahan dasar kayu atau plastik dengan bantuan tali atau benang. Lalu kedua bandul bola tersebut digoyang-goyangkan hingga berbenturan secara konstan sehingga akan menimbulkan irama yang merdu. Terus berbenturkan secara berulang-ulang dan menimbulkan suara yang nyaring.

BACA JUGA:Penerima 165 Awards, Kinerja BRI Group Membanggakan


4. Untuk menentukan pemenang dalam lato-lato ini adalah siapa yang mampu bertahan paling lama dalam mengayunkan bola tersebut dialah pemenangnya.
5. Bermanfaat untuk kesehatan
6. Melatih fokus
7. Melatih kesabaran
8. Melatih kemampuan syaraf motorik pemainnya
9. Menenangkan pikiran
10. Meningkatkan kepercayaan diri
11. Melatih pengedalian emosi pemainnya
12. Melatih gerak otot tangan pemainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: