Diakui, Seragam Sekolah Gratis Pelajar Mukomuko 2023 Ternyata Beda dengan 2022

Diakui, Seragam Sekolah Gratis Pelajar Mukomuko 2023 Ternyata Beda dengan 2022

Kabid Dikdas Disdikbud Mukomuko, Arni Gusnita-SENO-

 

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM - Seragam sekolah gratis dari Pemkab Mukomuko yang bakal dibagikan kepada pelajar baru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 2023 ini, berbeda dengan seragam sekolah gratis yang telah dibagikan pada tahun 2022 lalu.

Hal ini dibenarkan Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Arni Gusnita, S.Pd. AUD.

Arni mengatakan, untuk tahun 2023 ini, pelajar baru SD dan Pelajar SMP pada tahun ajaran 2023-2024 nanti hanya mendapat 1 setel seragam. Yaitu seragam putih-merah berikut dengan dasi dan topi untuk siswa SD, dan seragam putih-biru serta dasi dan topi untuk pelajar SMP.

Sementara, kata Arni, pada tahun 2022 siswa-siswi baru SD dan SMP mendapat 2 setel pakaian, yakni ditambah baju olahraga.

"Seragam olahraga tidak dapat lagi. Tahun ini (2023) hanya dapat 1 setel. Bagi putih-merah untuk SD dan putih-biru untuk SMP. Itu termasuk dasi dan topi," ujar Arni.

Oleh karena itu, kata Kabid, anggaran untuk pengadaan seragam sekolah tahun ini juga turun jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu. Total pagu anggaran hanya Rp 1,8 miliar dari sebelumnya sebesar Rp 2,7 miliar.

Dirincikannya, untuk siswa SD akan diadakan seragam sebanyak 3.352 setel. Untuk harga satuan dialokasikan sebesar Rp 300 ribu per setel. Sehingga total anggaran untuk pengadaan seragam sekolah SD sebesar Rp 1 miliar.

BACA JUGA:Ibox Buka di Bencoolen Mall, Yang Ingin Beli Iphone Silahkan Kunjungi

Sedangkan untuk seragam SMP per setel disediakan anggaran sebesar Rp 320 ribu per setel. Seragam yang akan diadakan sebanyak 2.741 setel. Pagu anggarannya sebesar Rp 877 juta.

"Data jumlah pengadaan itu, kami sesuaikan dengan potensi usia anak-anak yang bakal masuk SD dan potensi siswa SD yang bakal masuk SMP. Datanya sudah kami pegang. Kami yakin cukup, seluruh pelajar SD dan SMP baru, baik sekolah negeri maupun swasta, nanti kebagian seluruhnya. Kalau yang madrasah, belum dapat diakomodir," bebernya.

Arni mengklaim, untuk pembagian seragam sekolah gratis pada tahun 2022 lalu, tidak ada keluhan dari sekolah maupun orang tua mengenai kualitas seragam yang dibagikan.

BACA JUGA:2 Cara Komunikasi Dengan Nomor WA Yang Diblokir, Nomor 2 Bikin Kamu Senyum

"Alhamdulillah, kalau seragam sekolah gratis tahun 2022, tidak ada komplain. Ya, memang untuk bahan memang bahan yang bagus berdasarkan uji laboratorium. Untuk tahun 2023 juga kami upayakan yang terbaik lagi. Selain itu pengadaannya juga diupayakan lebih awal," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: