Jangan Sembarangan, Begini Cara Merebus Telur Agar Cangkangnya Tidak Menempel di Putih Telur

Jangan Sembarangan, Begini Cara Merebus Telur Agar Cangkangnya Tidak Menempel di Putih Telur

Inilah telur yang siap untuk direbus-Seno-

 

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM - Sahabat RADARBENGKULUONLINE.COM pernah gak mengalami saat membuka telur rebus, cangkangnya nempel di putih telur yang sudah matang? 

Kalau itu terjadi pada anda, pasti kesal. Alih-alih mau masak dan makan dengan cepat, yang terjadi justru sebaliknya. Gara-gara cangkang atau kulit telur rebus menempel di putih telur. 

 

Telur memang bahan makanan yang kaya akan gizi, seperti protein. Telur juga bisa diolah menjadi berbagai varian makanan. Yang paling simpel dan sekaligus paling populer, ada menu telur dadar, telur ceplok, dan telur rebus.  Telur rebus bisa juga diolah lagi menjadi sambal telur bulat atau dicampur gulai santan daun kelor. 

 

Untuk mengolah telur rebus menjadi sambal atau gulai atau dimakan langsung, mengupas cangkang bisa jadi kendala. Cangkang telur menempel di putih telur, bikin kesal. 

Hal itu terjadi bukan karena telurnya bermasalah. Tapi kemungkinan ada kesalahan cara merebus telur. Cara benar merebus telur menjadi kunci supaya cangkanganya tidak menempel. 

BACA JUGA:Positif dan Layak Didukung, SE Tentang Azan dan Salat, Harusnya untuk Seluruh Muslim di Mukomuko

Jangan sembarangan. Begini cara merebus telur agar cangkangnya tidak menempel di putih telur. 

1) Cuci telur sebelum direbus. Ini penting untuk memastikan kebersihannya. Karena tak jarang ada kotoran yang masih menempel di cangkang telur. Maka harus dicuci bersih sebelum direbus. 

 

2) Masukan air ke dalam panci tempat merebus telur. Takaran banyak air, cukup batas telur tenggelam sempurna. Jangan terlalu banyak air. Karena proses merebus bisa jadi lama serta boros gas. 

3) Letakan panci di atas tungku kompor, nyalakan api dan panaskan air. Tunggu hingga nyaris mendidih. 

4) Masukan garam setengah sendok makan ke dalam air yang direbus. Aduk beberapa kali hingga garam larut. 

 

BACA JUGA:Bambu Sebagai Pengganti Besi Beton, Bangunan Kuat Tahan Gempa, Ini Buktinya

5) Masukan telur yang akan direbus. Tunggu 5 sampai 10 menit, lalu angkat. 

6) Dinginkan air beserta telur. Setelah cukup dingin, air sudah boleh ditiriskan. Letakan telur dalam wadah dan dinginkan lagi. 

 

Demikian cara merebus telur agar cangkangnya tidak menempel di putih telur. Mudah-mudahan kendala seperti itu tidak lagi sahabat RADARBENGKULUONLINE.COM temui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: