Masih Alami, Air Terjun Cughup Susul, Syurga Wisata Tersembunyi

 Masih Alami, Air Terjun Cughup Susul,   Syurga Wisata Tersembunyi

Kawasan Air Terjun Cughup Susul di Desa Tanjung Kuaw yang terlihat masih alami-Wawan-

SELUMA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kabupaten Seluma memiliki berbagai wisata alam yang menakjubkan. Menariknya, masih banyak destinasi tersembunyi yang perlu dicari tahu lebih dalam keindahannya.

Mulai dari pesona pantai, gunung, air terjun dan keindahan alam lainnya. Salah satunya, objek wisata Air Terjun Cughup Susul di Desa Tanjung Kuaw, Kecamatan Lubuk Sandi.

BACA JUGA:Beri Pujian, Bupati Mian Bagikan SK Tenaga Kesehatan

 

Wisata air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 hingga 10 meter ini memiliki nilai keindahan yang masih alami dan asri serta belum begitu dikenal.

 Kadus 1 Desa Tanjung Kuaw,  Karyo Maryono menceritakan, lokasi Air Terjun Cughup Susul berjarak sekitar 1 Kilo meter dari kawasan pemukiman dan mengalir air Sungai Kungkai. 

BACA JUGA:Sambut Ramadan, Bengkulu Bersholawat, Ini Imbauan Pemprov Bengkulu

 

" Letaknya di Ulu Dusun, sayangnya belum ada akses jalan untuk dilewati kendaraan roda empat," kata Karyo Maryono, kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID tadi siang. 

Belum adanya perhatian sejumlah pihak, kondisi air Terjun Cughup Susul belum begitu tertata. Selain itu, minimnya sosialisasi membuat wisata ini tak dikenal. 

BACA JUGA:Membawa Dua Buah Tabung Gas di Kandang Mas, Anak Dibawah Umur Diamankan

 

" Kalau dulu sering dikunjungi dan dijadikan tempat berkemah mahasiswa kalangan pecinta alam," kata dia. 

Ditambahkannya, menurut cerita turun temurun, nama Air Terjun Cughup Susul sendiri diambil dari nama seseorang. 

BACA JUGA:Kapolda Minta Polres Mukomuko Antisipasi Gejolak Berskala Besar

" Menurut cerita turun temurun, nama Susul sendiri berasal dari nama orang. Konon dahulu, saat musim kemarau, seluruh warga sekitar sulit mendapatkan air. Hanya ada di aliran air terjun tersebut. Saat itulah, salah seorang yang bernama Susul, warga Desa sekitar mencari air dan meminum air terjun, dan meninggal di lokasi," ceritanya. 

Meskipun demikian, saat ini kondisi di sekitar air terjun tak lagi dikenal angker. 

" Kami berharap kedepan lokasi air terjun Cughup Susul menjadi salah satu destinasi andalan di Kabupaten Seluma," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: