Gubernur Rohidin: Buku Ini Benar - Benar Tentang Peran Perempuan dan Kelihatan Hasilnya

Gubernur Rohidin: Buku Ini Benar - Benar Tentang Peran Perempuan dan Kelihatan Hasilnya

Gubernur rohidin saat menghadiri bedah buku membangun jalan perubahan-ist-

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - “Buku ini benar-benar tentang peran perempuan, dan kelihatan hasilnya. Sebagaimana filosofi yang kita tangkap bahwa mengelola dan memanfaatkan hutan bukanlah sebuah kesalahan ketika fungsi hutan tetap terjaga secara lestari,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. 

 

 

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan bedah buku Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan Otobiografi Perempuan Pelestari Hutan Larangan yang digelar oleh AJI Bengkulu bekerjasama dengan Koperasi Perempuan Pelestari Hutan dan LivE pada Selasa, 18 April 2023. Buku yang menceritakan pengalaman para penulis yang berhasil memperjuangkan hak pengelolaan dan pemanfaatan hutan.  

BACA JUGA:UJH: Malam Nujuh Likur Menurut Penjelasan dan Pengalaman Para Ulama Terdahulu

 

 

Oleh karena itu, Orang Nomor satu di Provinsi Bengkulu ini mengharapkan jumlah kelompok perempuan di Provinsi Bengkulu yang mendapatkan legalitas hak pengelolaan dan pemanfaatan hutan bisa bertambah. “Saya sudah membaca sebagian dari buku ini karena ada teman-teman yang mengirimkannya secara online (versi digital),” kata Rohidin.  

 

 

Dikatakan Rohidin membacanya akan mendapatkan pemahaman tentang arti penting melibatkan banyak kelompok perempuan dalam pengelolaan dan pemanfaatan hutan untuk peningkatan kesejahteraan. “Maka, saya pikir, Bu Syafni, ini sangat positif,” kata Rohidin kepada Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, Syafnizar. 

BACA JUGA:Kamu Berminat Jadi Angota Bawaslu? Berikut Nama Timsel Bawaslu 8 Kabupaten/ 1 Kota

 

 

Rohidin juga mengapresiasi upaya para penulis yang bersedia menuliskan pengalamannya. Langkah mendokumentasikan pengalaman, menurut Rohidin, sangatlah bernilai. Apalagi, bila hasil pendokumentasian tersebut dibukukan. “Setelah menjadi sebuah buku, terasa sekali kebermanfaatannya. Banyak orang mengatakan salah satu warisan yang akan selalu berbicara adalah buku,” kata Rohidin.

 

 

Kegiatan bertajuk "Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan Otobiografi Perempuan Pelestari Hutan Larangan". Kegiatan yang digelar juga dalam rangka merayakan Hari Bumi 2023 ini digelar Selasa, 18 April 2023 bertempat di Palm Ola Bakery and Resto.

BACA JUGA:Silahkan Cek, Ini 10 besar Nama Calon anggota KPU 8 Kabupaten/Kota, 5 Besarnya Ditentukan KPU RI

 

 

3 dari 20 orang penulis buku "Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan Otobiografi Perempuan Pelestari Hutan Larangan" sebagai pembicara. Ketiga penulis yang hadir adalah: Ketua Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan Maju Bersama, Rita Wati. Ketua Komunitas Perempuan Pelestari Situs Warisan Dunia, Wahyuni Saputri dan Ketua Koperasi Perempuan Pelestari Hutan, Rika Nofrianti.

 

 

Ketua AJI Bengkulu, Yunike Karolina yang juga selaku moderator dalam kegiatan ini mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengapresiasi inisiatif dan kerja keras para penulis. "Mereka merupakan pelopor untuk perempuan desa yang memperjuangkan upaya pelestarian hutan dan lingkungan hidup," tutup Yunike.

BACA JUGA:Tunggu Instruksi, Lapangan Sekundang Bengkulu Selatan Menjadi Pusat Salat Id

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: