Besok, PT. USM Start Duluan, Ini jadwal Pabrik CPO Buka Pembelian Buah Sawit

Besok, PT. USM Start Duluan, Ini jadwal   Pabrik CPO Buka Pembelian Buah Sawit

Salah satu pabrik CPO di Mukomuko -Seno-

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Sejak tanggal 18 April 2023 hingga saat ini, pabrik CPO di Mukomuko masih berhenti operasi dan membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit masyarakat lantaran libur dan cuti bersama lebaran 1.444 Hijriah.

BACA JUGA:Simulasi, Empat Pengunjung Pantai Jakat Celaka Saat Menaiki Banana Boat, Basarnas Lakukan Ini

 

Pihak Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko telah merilis jadwal buka pabrik di Kabupaten Mukomuko. PT. USM yang beralamat di Desa Lubuk Pinang, Kecamatan Lubuk Pinang akan start duluan.

"Tanggal 25 April sudah ada yang menerima buah sawit. PT. USM. Untuk besok tanggal 25 April itu baru USM yang buka," ungkap Fungsional Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Mukomuko, Sudiyanto saat dikonfirmasi RADARBENGKULU.DISWAY.ID Senin (24/4).

Pabrik-pabrik yang lain, lanjut Sudiyanto baru akan kembali beroperasi pada tanggal Rabu tanggal 26 dan Kamis 27 April 2023. Ia menegaskan, seluruh pabrik pada tanggal 27 itu, semuanya sudah menerima buah sawit masyarakat, kecuali PT. Sapta.

"PT. Sapta baru akan buka atau membeli sawit masyarakat mulai tanggal 2 Mei," sebutnya.

Ditanya mengenai harga, Sudiyanto mengatakan pihaknya belum menerima laporan dari setiap pabrik. Katanya kemungkinan belum berubah dari harga sebelum libur.

Dikatakannya lagi, untuk harga tertinggi sebelum libur yakni Rp 2.200 per kilogram, dan terendah Rp 1.990 per kilogram.

Berikut daftar harga beli pabrik CPO terakhir sebelum libur lebaran.

PT. SAPTA Rp 2.130, PT. KSM Rp 2.020, PT. MMIL Rp 2.050, PT SSS Rp 2.030, PT. SAP Rp 2.030, PT. KAS Rp 2.060, PT. DDP Rp 2.100, PT. USM Rp 1.950, PT. BMK Rp 1.990, PT. GSS Rp 2.100, dan PT. MPRA  2.200

"Mudah-mudahan harga sawit kembali naik setelah libur lebaran ini. Sebelum libur kemarin memang sempat beberapa kali turun," pungkas Sudiyanto. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: