Banner Perpustakaan

AJI Bengkulu dan FIS Unived Bengkulu Kembali Jalin MoU

AJI Bengkulu dan FIS Unived Bengkulu Kembali Jalin MoU

Penandatangan nota kesepakatan kerjasama AJI Bengkulu dan FIS Unived Bengkulu, Kamis (6/6/2023)-Christopher-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bengkulu dan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS), Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu, kembali menjalin kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). 

Kerjasama ini dalam Kegiatan di Bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Tri Panji Aliansi Jurnalis Independen. 

 

 

   

Nota kesepakatan kerjasama ini kembali dijalin antara Ketua AJI Bengkulu periode 2023 - 2026, Yunike Karolina dan Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Sosial, Universitas Dehasen Bengkulu, Maryaningsih, di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Selasa (6/6/2023). 

Sebelumnya, MoU ini telah terjalin, pada Sabtu 21 September 2019, dan telah sepakati Purna Ketua AJI Bengkulu Periode 2019-2022, Harry Siswoyo dan Dekan FIS Unived Bengkulu, Asnawati.  

 

 

 

Nota kesepakatan kerjasama ini, kata Ketua AJI Bengkulu, Yunike Karolina, salah satu wadah untuk merawat komunikasi yang sebelumnya telah terjalin.

Hal ini untuk memberikan berbagai pengetahuan, pelatihan, peningkatan kapasitas, penelitian serta menjadi wadah belajar bersama.

BACA JUGA:Ada Tambahan Kuota, Jemaah Haji Asal Mukomuko Berangkat Tahun ini Jadi Segini

 

 

 

Kerjasama ini tentu untuk melahirkan komunikasi yang sifatnya berkesinambungan. Di mana AJI Bengkulu dan FIS Unived telah menggelar berbagai kegiatan bersama dalam peningkatan kapasitas bagi mahasiswa/i FIS, Unived Bengkulu, pada periode 2019-2022. 

BACA JUGA:Ada yang Mengganjal dari Penggantian Nama Simpang BI

BACA JUGA:Tarik Minat Internasional, KKT Bencoolen dan Pemprov MOU

 

 

 

Seperti, Short Course and Practice-Mobile Journalism (MoJo)-AJI Bengkulu, pada Sabtu, 14 Desember 2019, Seminar Nasional bertema Membangun Komunikasi Efektif di Masa Pandemi Pada Sektor Bisnis, pada Kamis, 8 April 2021.

Lalu, Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat "Jurnalisme Bicara Masalah Sosial di Provinsi Bengkulu," Kamis, 17 Juni 2021, dan Workshop cek fakta, Half Day Training, ''Stop The Issue , Remove The Hoax'',  Kamis 9 Juni 2022. 

 

 

 

AJI Bengkulu, terang Yunike, siap berkontribusi dalam mendukung peningkatan kapasitas mahasiswa/i FIS Unived Bengkulu. Sebab, di AJI Bengkulu telah memiliki trainer yang telah tersertifikasi dan mumpuni.

Mulai dari, trainer penulisan, fotografi, digital security, cek fakta, jurnalisme data, trainer digital fundamental tools, serta trainer lainnya.   

 

 

 

''Kerjasama ini tentu menjadi wadah belajar bersama antara AJI Bengkulu dan FIS Unived Bengkulu, dengan memberikan berbagai pengetahuan, pelatihan, peningkatan kapasitas, serta penelitian,'' kata Yunike, Selasa (6/6/2023).

MoU ini, terang Yunike, ada beberapa poin. Mulai dari sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia.

 

 

 

Selanjutnya, mengadakan seminar nasional penelitian bersama, riset penelitian, memberikan materi tentang pendidikan kejurnalisan di Unived Bengkulu, dan menjalankan Visi dan Misi AJI, sesuai Anggaran Dasar AJI, Bab IV Pasal 9 Visi AJI dan Pasal 10 Misi AJI.

''Kerjasama ini kita dari AJI Bengkulu juga menekankan pada Tri Panji AJI serta mewujudkan Visi dan Misi AJI,'' jelas Yunike. 

 

 

 

Sementara itu, Dekan FIS Unived Bengkulu, Maryaningsih mengatakan, melalui penandatanganan nota kesepakatan kerja sama ini, harapannya bisa ditindaklanjuti sesuai dengan perjanjian. 

"Harapan ke depannya, perjanjian ini tidak sebatas penandatanganan, tentu harus  sama ada pencapaian tujuan, dalam peningkatan kapasitas mahasiswa/i, serta lainnya," kata Marya. 

 

 

 

Pada kesempatan yang sama. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Unived Bengkulu, menggelar Seminar Kehumasan bertema ''Sinergitas Humas dan Media Dalam Mewujudkan Informasi Publik yang Transparan dan Akuntabel'', dengan pemateri Ketua AJI Bengkulu, Yunike Karolina dan Kepala Bidang Hubungan Mediatik, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu, Henri.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / aji bengkulu dan fis unived bengkulu kembali jalin mou