Tarik Minat Internasional, KKT Bencoolen dan Pemprov MOU

Tarik Minat Internasional, KKT Bencoolen dan Pemprov MOU

Warga antre berfoto ria dekat bangunan tabut-Erdian-

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Festival tabut sebentar lagi akan diselenggarakan. Mulai pada (18/Juli/2023 ) atau bertepatan dengan tahun baru Islam (1 Muharram), Hijriyah 1445 jatuh pada hari Rabu tanggal 19 Juli 2023. Oleh karena itu persiapan-persiapan untuk menggelar event tahunan tersebut telah mulai dilaksanakan. 

 

 

 

Kepala Biro Kesra Pemda Provinsi Bengkulu, Syarifudin mengatakan Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Kerukunan Keluarga Tabot (KKT), telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk menyelenggarakan event tabot tahun ini menjadi event internasional. 

BACA JUGA:2023, Tabut Bengkulu Dikonsep Lebih Meriah, Libatkan Provinsi dan Negara Luar

 

 

 

 

"Kita baru saja melakukan MoU dengan KKT Bencoolen atas proposal yang diajukan oleh kadis pariwisata. Dimana kegiatan ini dipersiapkan untuk penyelenggaraan tabot di tahun 2023 ini dan tahun berikutnya menjadi event internasional," kata Syarifudin. 

 

 

 

Ditambahkannya, besarharapan kegiatan tabut ini menjadi kegiatan yang bertaraf Internasional. Hal itu telah ditetapkan dan disampaikan oleh Kementerian Pariwisata. Maka pada rapat bersama KKT, pihaknya telah membahas tentang bagaimana  supaya tabot ini tidak hanya dibiayai oleh APBD tapi juga mendapatkan sponsor dari pihak luar terutama dari Kementerian pariwisata. 

BACA JUGA:KKT Usulkan Bangun Kampung Tabut Center dan Perhatian Khusus Pemprov

 

 

 

"Untuk dana hibah dari pihak dinas pariwisata sedang dibahas teknis pembiayaannya, karena kalau  tidak bisa setiap tahun berturut-turut, maka kita sedang mencarikan formulasi kegiatan yang bisa dipaksakan secara berturut-turut. Untuk penyelenggaraan tabot sudah disiapkan sekitar Rp 100 juta di tahun 2023 ini  akan tetapi  dana tersebut masih tahap pembahasan,"ungkapnya.

 

 

 

Pada tahun sebelumnya tabut merupakan  event nasional kemudian di tahun 2023 ditargetkan menjadi event Internasional sehingga Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui dinas pariwisata bersama KKT, harus membuat program-Program yang bisa menarik minat tamu-tamu dari Internasional untuk datang.

BACA JUGA:Ketua Komisi IV: Evaluasi Lah Festival Tabut 2022

 

 

 

"Karena ini merupakan event Internasional tentu yang harus dipikirkan bagaimana caranya agar tamu dari Internasional tertarik untuk datang," katanya.

 

 

 

Syarifuddin mengatakan pada rapat antara pemerintah provinsi dengan KKT ada tiga kesepakatan yang terjalin. "Untuk kesepakatan ada tiga ruang lingkup yang pertama ritual upacara, kemudian penyelenggaraan bazar, ketiga Festival atau kegiatan hiburan rakyat." katanya. 

BACA JUGA:Ketua Komisi IV: Evaluasi Lah Festival Tabut 2022

 

 

 

Sementara itu Ketua KKT Achmad Syiafril, mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan persiapan tabut, yang mana  awal kegiatan di tanga 18 Juli 2023 , namun malam sebelum itu sudah mulai melakukan kegiatan kemudian malam berikutnya dibuka untuk pengambilan tanah dan seterusnya. 

BACA JUGA:Pamit Rajo Agung Tanda Dimulainya Festival Tabut Bengkulu 2022

 

 

 

"Kini kami sudah melakukan pembuatan bangun tabot juga, Dalam kegiatan akan ada tujuh tempat yang akan di selenggarakan kegiatan tabut dan di setiap tempat itu, pengunjung akan di berikan karcis gratis untuk mengetahui  berapa banyak pengunjung pas kegiatan tabot 2023 ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id