Banyak Manfaatnya, Kodim Mukomuko Dorong Masyarakat Budidayakan Kacang Sacha Inchi

Banyak Manfaatnya, Kodim Mukomuko Dorong Masyarakat Budidayakan Kacang Sacha Inchi

Ketua TPPS Provinsi Bengkulu mengukuhkan Komandan Kodim (Dandim) 0428/Mukomuko Letkol CZI. Rinaldo Rusdy sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) Mukomuko-Adit/Ist-

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Komando Distrik Militer (Kodim) 0428/ Mukomuko mendorong kelompok masyarakat untuk  membudidayakan kacang Sacha Inchi di daerah ini. 

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (16) - Serindang Bulan Diselamatkan Tuanku Indrapura

 

 

 

 

 

Jenis tanaman kacang-kacangan dengan nama latin -Plukenetia volubilis- ini terkenal kaya akan manfaat untuk kesehatan. Termasuk juga untuk penanganan penderita stunting. 

Dandim 0428/Mukomuko, Letkol Czi. Rinaldo Rusdy, S.IP menuturkan, pengembangan budidaya kacang Sacha Inchi ini merupakan program Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu. Kodim Mukomuko menjadi 'ujung tombak' untuk pengembangan di wilayah Mukomuko. 

 

 

 

 

 

Dikatakannya, tanaman yang juga dikenal dengan sebutan kacang Inka ini sudah dibudiyakan di Kabupaten Seluma. Tidak hanya budidaya, kelompok masyarakat Seluma juga sudah memproduksi serum kacang Sacha Inchi (semacam cairan/minyak hasil ekstraksi dari kacang Sacha Inchi). 

Diungkapkan Dandim, pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan pemerintah Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto. Pemdes Agung Jaya siap menyediakan lahan sekitar 1 hektar di lokasi Agro Wisata Pangonan yang sedang dikembangkan di desa mereka. 

 

 

 

 

 

"Agro wisata milik Desa Agung Jaya juga butuh icon tanaman yang akan dijadikan daya tarik. Kami sudah koordinasi dengan pihak Pemdes, mereka setuju. Kelompok masyarakat setempat nanti kita bina untuk budidaya kacang Sacha Inchi, termasuk nanti produksi serumnya," papar Lekol. Rinaldo. 

"Kami terus koordinasi matangkan perencanaan. Nanti mungkin dari Bengkulu atau Seluma kita datangkan orang untuk memberi pelatihan. Untuk jadwal kami masih menyesuaikan," imbuhnya. 

 

 

 

 

 

Untuk diketahui, kacang Sacha Inchi terkenal kaya manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari daun, biji, hingga produksi hasil ekstraksi. Dari beberapa sumber, pemanfaatan kacang Inka dengan tepat dapat menurunkan kolesterol dan asam urat, mengurangi risiko strok. 

Kemudian, dapat menurunkan rasa kesemutan, dan menurunkan aktivitas tumor. Kandungan kacang ini juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / kodim mukomuko dorong masyarakat budidayakan kacang sacha inchi