Ini Manfaatnya Makan Pisang

Ini Manfaatnya  Makan Pisang

Manfaat Makan Pisang Sebelum Workout-Ist-radarbengkulu.disway.id

JAKARTA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Makannya, ada pula yang makan pisang sebelum berolahraga dan telah menjadi ritual sebelum latihan yang populer bagi banyak penggemar kebugaran.

 

 

 

 

 

Untuk diketahui, seperti dikutip dari disway.id pisang adalah buah serbaguna yang dikemas dengan nutrisi penting, yang dapat memberikan dorongan energi yang cepat dan meningkatkan kinerja atletik.

Mana yang benar, makan pisang sebelum atau sesudah olahraga?

BACA JUGA: Mahasiswa Diharapkan jadi Pionir Cegah Berita Hoax di Pemilu 2024

 

 

 

 

 

Makan pisang sebelum atau sesudah berolahraga tergantung pada preferensi pribadi dan tujuan kebugaran Anda. Keduanya menawarkan keuntungan yang berbeda.

Kalau makan pisang sebelum berolahraga dapat memberikan dorongan energi yang cepat dan membantu mempertahankan energi selama latihan.

BACA JUGA:Masih Minim Peminat, Akhirnya Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Diperpanjang Lagi

 

 

 

 

 

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang kaya, yang dapat membantu bahan bakar tubuh dan mencegah kelelahan otot saat berolahraga. Selain itu, kandungan potasium dalam pisang membantu mencegah kram otot saat berolahraga.

Sedangkan kalau  mengonsumsi pisang setelah berolahraga dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen di otot, yang dapat membantu mempercepat pemulihan dan mengurangi nyeri otot. 

 

 

 

 

 

Pisang juga kaya akan gula alami yang dapat memulihkan tingkat energi setelah berolahraga.

Yang penting, waktu makan pisang tergantung pada tujuan dan preferensi kebugaran Anda. Jika Anda memiliki jadwal latihan intensitas tinggi, Anda mungkin ingin mengonsumsi pisang sebelum berolahraga untuk memastikan Anda memiliki cukup energi untuk melakukan yang terbaik.

 

 

 

 

 

Apakah pisang merupakan camilan pralatihan yang baik?

Nah, selain itu, pisang rendah lemak, yang dapat mencegah ketidaknyamanan pencernaan selama berolahraga. Mereka juga merupakan sumber serat yang bagus, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:JPPB Minta Bawaslu RI Batalkan Hasil Pleno Timsel

 

 

 

 

 

Adapun manfaat makan pisang sebelum berolahraga seperti dilansir dari laman Sportskeeda adalah sebagai berikut.

 

1. Memberikan dorongan energi yang cepat

Buah pisang adalah sumber karbohidrat yang sangat baik, yang sangat penting untuk menyediakan energi bagi tubuh selama berolahraga.

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh tubuh. Makan pisang sebelum berolahraga dapat memberikan dorongan energi yang cepat dan meningkatkan performa selama berolahraga.

 

 

 

 

 

2. Kaya Kalium

Kalium adalah mineral yang berperan penting dalam fungsi otot dan saraf.

Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik, dengan satu pisang menyediakan sekitar 9% dari asupan harian yang direkomendasikan. Mengkonsumsi makanan kaya potasium sebelum berolahraga dapat membantu mencegah kram otot dan meningkatkan fungsi otot.

 

 

 

 

 

3. Mengandung nutrisi penting

Pisang kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting yang penting untuk kesehatan yang baik. Ini termasuk vitamin C, vitamin B6, serat dan antioksidan. 

Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

 

 

 

 

 

4.Rendah lemak

Pisang secara alami rendah lemak, menjadikannya camilan pra-latihan yang ideal. Mengonsumsi makanan rendah lemak sebelum berolahraga dapat membantu mencegah ketidaknyamanan pencernaan dan membuat Anda merasa ringan dan berenergi.

 

 

 

 

 

5. Untuk Dapat membantu mengatur kadar gula darah

Pisang kaya akan serat, yang dapat mengatur kadar gula darah. Itu bisa sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengembangkannya.

Makan pisang sebelum berolahraga dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah, membuat Anda merasa berenergi selama berolahraga.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: