Hasil RDG BI, Optimis Ekonomi Bengkulu Kuat

Hasil RDG BI, Optimis Ekonomi Bengkulu Kuat

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu sedang menyampaikan Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Jumat-Adit-radarbengkulu.disway.id

 

Disisi lain, Darjana menjelaskan kondisi perekonomian Bengkulu. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu triwulan I 2023 tercatat tetap kuat sebesar 4,07% (yoy) di atas perkiraan, terutama ditopang oleh akselerasi investasi sejalan peningkatan realisasi belanja modal APBN dan APBD serta tetap kuatnya pertumbuhan komponen lain.

Dari Lapangan Usaha, mayoritas LU mencatatkan pertumbuhan yang positif sejalan aktivitas ekonomi yang masih kuat paska pencabutan kebijakan PPKM. Selain itu, pertumbuhan ekonomi triwulan ini didorong peningkatan harga komoditas pertanian dan peningkatan ekspor ikan dan udang. Namun demikian, seperti historis sebelumnya, jika dibandingkan dengan triwulan IV 2022 pertumbuhan perekonomian triwulan ini melambat.

 

 

 

 

 

Perekonomian Provinsi Bengkulu pada FY 2023 diprakirakan tumbuh melambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya sejalan dengan kondisi perekonomian global dan domestic yang juga melemah.

Konsumsi RT diprakirakan akan menerima dampak risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan komponen lainnya seiring berubahnya pola konsumsi masyarakat yang cenderung lebih berhati-hati. Anomali cuaca dan pasokan pupuk yang belum membaik juga diperkirakan akan menahan laju pertumbuhan LU Pertanian di tahun 2023.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id /optimis ekonomi bengkulu kuat