Perkuat Kelistrikan Sumatera Selatan, PLN Lakukan Final Check SUTET 275 kV

Perkuat Kelistrikan Sumatera Selatan, PLN Lakukan Final Check SUTET 275 kV

Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN UPT Bengkulu berkolaborasi dengan UPT Padang, UPT Jambi dan UPT Palembang melaksanakan pekerjaan Final Check SUTET 275 kV Lumut Balai - Muara Enim-adam/ist-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - PT PLN (Persero) terus gencar melakukan perkuatan sistem kelistrikan Sumatera Selatan demi menjaga keandalan pasokan listrik dari pembangkit dan memastikan pelayanan pelanggan dalam keadaan prima.

Salah satu proyek yang digarap adalah pembangunan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV segmen Lumut Balai - Muara Enim oleh PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbagse. Ini terpapar pada press rilis PLN (Persero) pada Senin (24/7).

 

Selasa (11/07) lalu, tim Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN UPT Bengkulu berkolaborasi dengan tiga tim PDKB lainnya (PLN UPT Padang, UPT Jambi dan UPT Palembang) melaksanakan pekerjaan Final Check SUTET 275 kV Lumut Balai - Muara Enim.

Pekerjaan yang dilaksanakan selama lima hari berturut-turut ini, selalu dimonitor oleh Assistant Manager PDKB PLN UPT Bengkulu, Yodi Agista Diwanda.

 

Ia mengungkapkan pekerjaan tersebut dilaksanakan sebelum energize Line Ground Steel Wire (GSW) pada Rabu (19/07) lalu. "Final check ini sangat penting dilakukan untuk memastikan jalur transmisi yang baru dibangun ini aman untuk diberi tegangan,” tuturnya.

Turut mengawal dan memonitor pekerjaan tersebut, Assistant Manager Konstruksi dan Penyaluran PLN UPT Bengkulu, Teguh Widodo, mengkoordinir pasukan tim pemeliharaan PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Pekalongan, ULTG Lahat dan ULTG Baturaja yang ikut serta membantu pekerjaan final check tersebut.

 

“Kami juga menurunkan tim pemeliharaan dari tiga ULTG di wilayah kerja UPT Bengkulu untuk membantu menyelesaikan final check tower ini dengan 17 climber yang disebar pada 267 tower mulai dari Lumut Balai hingga Muara Enim,” ucap Teguh.


Anggota Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN UPT Bengkulu berkolaborasi dengan UPT Padang, UPT Jambi dan UPT Palembang melaksanakan pekerjaan Final Check SUTET 275 kV Lumut Balai - Muara Enim bekerja dengan hati-hati-adam/ist-radarbengkulu.disway.id

 

“Alhamdulillah pekerjaan selesai satu hari lebih cepat dari total enam hari yang sudah ditargetkan sejak awal. Terima kasih kepada seluruh tim yang sudah terlibat dalam pekerjaan ini,” imbuhnya. 

Pada kesempatan berbeda, Manager PLN UPT Bengkulu, Doni Adrean, menyampaikan peran penting SUTET 275 kV Lumut Balai - Muara Enim pada sistem kelistrikan di Sumatera Selatan.

 

“Jalur transmisi ini memiliki peran krusial untuk evakuasi aliran daya dari pembangkit Sumsel 8 yang akan beroperasi dengan kapasitas 2x600 MW. Dengan beroperasinya pembangkit ini dan terkoneksi dengan sistem PLN, diharapkan dapat memperkuat keandalan kelistrikan PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” pungkas Doni.(prw/rls)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id