Muharam Itu Bulan Kemenangan

Muharam Itu Bulan Kemenangan

Junaidi S.Sos.I.M.H.I-Adam-radarbengkulu.disway.id

Khatib : Junaidi S.Sos.I.M.H.I

Dari : Masjid Nurul Yaqin, Jalan Setia Negara Kelurahan Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Assalamualaikum Warohmatullahi wabarukatuh

Puji syukur senantiasa mari kita aturkan kehadirat Allah swt, atas segala rahmat dan hidayah yang tercurah dalam kehidupan kita.

BACA JUGA: Amar Ma'ruf Nahi Mungkar

 

Muharram merupakan bulan mulia. Kemuliaan tersebut bahkan termaktub dalam Al-Quran dan hadis-hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Yaitu, Pertama, salah satu dari empat bulan yang diharamkan untuk berperang. Kedua, disebut sebagai bulan Allah atau syahrullah al-muharram.

BACA JUGA:Festival Tabut Sebabkan Gas Elpiji 3 Kilogram Langka?

 

Ketiga, bulan terbaik untuk berpuasa setelah bulan Ramadan. Keempat, terdapat syariat puasa Asyura yang dapat menghapus dosa setahun lalu.

Selain itu, bulan Muharram juga mengingatkan kita akan tekad kuat Rasulullah untuk berhijrah menuju Madinah, tempat aman untuk menjalankan syariat Islam.

BACA JUGA:Hikmah Asy-Syuro (10 Muharam)

 

Sedangkan penetapan bulan Muharram sebagai awal bulan kalender Hijriah, sebagaimana ditulis oleh Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab Fathul Bari jilid 7 halaman 268, adalah hasil musyawarah pada masa khalifah Umar bin Khathab Radhiallahu ‘anhu ketika mencanangkan penanggalan Islam.

Pada saat itu, ada yang mengusulkan bulan Rabiul Awwal yang merupakan bulan kedatangan Rasulullah di Madinah; ada pula yang mengusulkan bulan Ramadan yang merupakan sebaik-baik bulan yang ada.

BACA JUGA:Diduga Palsukan Identitas Bupati Gusnan Mulyadi Dilaporkan ke Polda Bengkulu

 

Namun kesepakatan yang terjadi ketika itu adalah bulan Muharram dengan beberapa pertimbangan. Diantaranya adalah pada bulan tersebut telah bulat tekad dan keputusan Rasulullah untuk hijrah pasca peristiwa Baiat Aqabah Kedua.

Semoga bermanfaat.wassalamualikum Wr.Wb.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id