Membuka Pintu Kehidupan Yang Berkah

Membuka Pintu Kehidupan Yang Berkah

Muhammad Azizzullah Ilyas-Adam-radarbengkulu.disway.id

 

Khatib:  Muhammad Azizzullah Ilyas  (Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)

 

Dari  : Masjid Besar Jami' Babussalam, Jalan P.Natadirja KM.8, Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu

 

 

Hadirin jamaah Jumat yang dirahmati Allah SWT

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dalam kehidupan ini sudah menjadi hal yang lumrah setiap orang ingin mendapatkan kebahagiaan. Dalam Islam kebahagiaan amat erat dengan keberkahan.

Keberkahan bermakna anugerah dari Allah SWT yang berterusan dan terus bertambah. Kalau demikian, tentu seorang muslim menginginkan keberkahan ini; umur yang berkah, tubuh yang berkah, keluarga yang berkah, harta yang berkah

BACA JUGA: Keutamaan Laailaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimiina

 

Lantas apa saja sebab-sebab utama yang dapat menyebabkan keberkahan bagi kehidupan kita ?

Alquran menjelasan diantara sebab-sebab keberkahan yang utama ;

Pertama, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Ini dijelaskan dalam surat Al-A’raf 96 : yang artinya''? Penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.''

BACA JUGA: Kedudukan Anak Dalam Islam

 

Mereka yang bertakwa kepada Allah SWT akan mendapatkan keberkahan, dan didalam keberkahan tersebut terdapat keberkahan rizki yang tidak disangka-sangka. Dan ini merupakan salah satu buah utama dari ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Dijelaskan dalam surat Ath Tholaq yang artinya, ''Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.”

BACA JUGA:Meriahkan, Ikuti Lomba Layang-Layang, Ini Syarat dan Hadiah Pemenang

 

Ketakwaan akan mendatangkan ketentraman hidup, kelapangan saat menghadapi persoalan dan masalah, dan kebaikan-kebaikan yang melimpah.

Dalam Tafsir Ibn Katsir dijelaskan iman dan taqwa itu adalah hati yang beriman pada apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW, membenarkan dan mengikutinya, melaksanakan yang diperintahan dan meninggalkan yang haram.

BACA JUGA:Fokus Membangun Infrastruktur, Bupati Seluma Pasang Titik Nol 10 Link Pembangunan Jalan

 

Kedua,  dari keberkahan adalah senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT.

Hadirin jamaah Jumat yang dirahmati Allah SWT.

Kebaikan yang mendatangkan keberkahan hidup terdapat dalam ketaatan. Saat seseorang melakukan kemaksiatan tanpa  penyesalan, maka keberkahan akan hilang dari kehidupannya.

Jika dia berusaha tidak menghasilkan sesuai harapannya, jikapun berhasil tidak bertahan lama. Jika orang yang bermaksiat tersebut memohon ampunan kepada Allah dengan sungguh-sungguh, maka penyesalannya tersebut akan membuka pintu dan dinding yang menghalanginya dari keberkahan hidup.

 

Dalam surat Nuh (10-12) Allah SWT berfirman yang artinya :  ''Maka aku berkata (kepada mereka), Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu."

Ketiga, yang menyebabkan keberkahan rizki adalah dengan berbuat baik antar sesama dan menjalin silaturrahim.

Manusia merupakan makhluk sosial yang apabila ia hidup sendiri tanpa berinteraksi dengan manusia lainnya akan menyebabkan kehidupannya tidak sehat. 

Keberkahan akan datang saat seseorang berbuat baik kepada orang lain. Semakin ia berbuat baik, maka semakin kebahagiaannya akan bertambah.

Mengenai hal ini Rasulullah bersabda yang artinya:'' Barang siapa yang ingin agar diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambungkan silaturrahim. (H.R. al Bukhari).

 

Dijelaskan dalam Fathul Bari; maksud dipanjangkan umur adalah diberikan keberkahan pada umurnya, keberkahan umur tersebut adalah kelonggaran untuk beribadah dan semangat untuk mengisi waktunya dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan akhiratnya bukan hanya untuk kehidupan dunianya.

Hadirin jamaah Jumat yang dirahmati Allah SWT

Keempat, yang mendatangkan keberkahan adalah kedermawanan, semangat berinfak, dan berbagi kepada mereka yang kekurangan. 

Berbagi merupakan salah satu amalan yang mengundang pemberian Allah SWT. Dengan  syarat ikhlas dan ihtisab. Allah SWT akan mengganti apa yang diinfakkan dengan pemberian yang lebih baik menurut Allah SWT untuk orang yang berinfak tersebut.

Allah berfirman dalam surat Saba: 39 yang artinya: 

''Katakanlah: Sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendakiNya diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan (siapa yang dikehendakiNya)”.  

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.

Berbagi tidak harus banyak, sedikit tetapi dengan keihklasan akan mendatangkan keberkahan. Dan banyak dengan keikhlasan juga mendatangkan keberkahan. Jika kita mau memperhatikan kebahagiaan dan ketentraman yang dirasakan saat kita berbagi kepada yang membutuhkan sudah cukup menjadi tanda awal bahwa keberkahan yang 

Allah SWT berikan itu sudah mulai kita rasakan sebelum balasan yang lebih lagi yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Akhirnya penyempurnaan keberkahan untuk kehidupan manusia yang beriman adalah dengan mencari rizki dengan cara yang baik, halal. Rizki yang halal sedikit berkah, dan  rizki yang haram walaupun banyak tidak akan mendatangkan keberkahan. Seperti menggenggam pasir hanya akan mengalir melewati jari-jari dan meninggalkan kotoran di tangan.

Dalam salah satu hadits diceritakan : Seorang sahabat mendatangi Nabi SAW dan meminta sesuatu kepada Nabi SAW. Kemudian nabi memberikan kepadanya apa yang ia minta dan bersabda:

“Harta ini hijau dan manis, jadi siapa pun yang mengambilnya dengan baik dan jiwa yang awas maka akan diberkahi, dan siapa yang mengambilnya dengan cara yang tidak baik dan berlebihan, maka tidak ada keberkahan dalam kehidupannya. Seperti orang yang makan dan tidak pernah kenyang. Akhirnya, kehidupan seorang muslim akan menjadi berkah dengan senantiasa berdoa  memohon keberkahan kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT memberkahi kehidupan kita semua.''(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id