Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran Versi Peternak Lebah Madu

Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran Versi Peternak Lebah Madu

Peternak lebah madu di kabupaten Seluma menjelaskan tentang cara bedakan madu asli dan campuran-Wawan Ahmad Ridwan-

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dewasa ini sulit membedakan mana madu asli dan campuran. Apalagi, anda membelinya dari pedagang keliling atau yang memamerkan di pinggiran jalan. Artikel kali ini kami akan menyajikan informasi bagaimana cara membedakan madu asli dan campuran langsung dari peternak lebah madu.

 

 

Anda sudah tahu cara membedakan madu asli dan palsu atau campuran? Jangan sampai Anda ditipu pedagang ya. Lalu bagaimana caranya? Di Kabupaten Seluma sendiri misalnya, masih sulit dipercaya untuk mendapatkan madu asli, bukan madu cinta ya. 

 

Meskipun sebenarnya madu asli Seluma memiliki nilai tersendiri, baik dari rasa, warna dan khasiatnya, ini menurut tukang madu di Seluma loh.

 

Seperti yang diungkapkan Ahmad Zainuri, peternak lebah dan penghasil madu di Desa Lubuk Gilang Kecamatan Air Periukan. Menurutnya, membedakan madu asli itu tidaklah mudah, karena rasa dan warna madu itu berkaitan erat dengan sumber nektarnya atau bunga yang dihinggapi lebah.

BACA JUGA:Desa Penghasil Madu Ada di Kabupaten Kaur

" Madu dihasilkan oleh  beraneka macam lebah, ada lebah trigona (klanceng/ kelulut/ gegelo) lebah apis dorsata (sialang, repe), lebah apis cerana (lebah lokal yang persebaranya banyak di Indonesia dan asia, kemudian lebah apis mellifera (dari luar negeri)" sampai Ahmad Zaen, Selasa (19/9). 

 

Menurutnya,ada sejumlah kiat untuk membedakan madu asli yang perlu diketahui. Diantaranya dari aroma dan rasa. Madu asli memiliki aroma khas berupa wangi bunga dan ketika dikecap dilidah rasa manisnya akan menyebar hingga ke bagian rongga. Kemudian madu murni atau asli saat dituangkan ke dalam gelas akan jatuh ke bagian dasar dan tidak larut dengan air. 

" Cara terbaik untuk memastikan kemurnian madu yakni dengan datang ke peternak lebah madu. Pastikan lebah yang dipelihara itu tidak diberi makan oleh peternaknya, dan murni mengambil sumber makanan dari bunga yang bermekaran" sampainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: