Indahnya Pesona Wisata Kaur, Ada Cerita Madam Inggris Singgah dan Mandi di Pancuran

Indahnya Pesona Wisata Kaur, Ada Cerita Madam Inggris Singgah dan Mandi di Pancuran

Pantai Linau berada dekat dengan desa benteng harapan kabupaten Kaur-Ist-

Namun demikian, Desa Benteng Harapan, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur juga memiliki wisata yang berkaitan dengan sejarah penjajahan Inggris. Di desa ini memiliki jejak benteng bekas peninggalan Inggris ( baca artikelnya: Wisata Tangga Seribu Desa Benteng Harapan Kabupaten Kaur). 

 

 

Kembali ke kisah singgahnya Madam Inggris di desa yang berada di ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan Laut (MDPL) atau sekira 800 meter dari jalan lintas barat ini bisa saja benar. Sebab dari bukti-bukti yang ada, bahwa di desa itu terdapat jejak tangga benteng peninggalan Inggris, diyakini ada sosok nyonya atau madam yang kala itu ikut melihat wilayah jajahan. 

 

Hal yang menguatkan tentang kedatangan madam Inggris ke desa Benteng Harapan ini juga karena keberadaan desa tidak jauh dari pelabuhan Linau Bintuhan. Desa ini juga berada tidak jauh dari Pantai Linau.

Nama pantai Linau pun diambil dari ejaaan inggris yakni Line New yang artinya garis baru atau rute pelayaran baru. Hal ini lantaran Pantai Linau berada cukup strategis dan masuk perbatasan Samudera Hindia. 

BACA JUGA:Rasakan Pesona Pantai Linau Indah Nan Eksotis,Mengapa Diberi Nama Linau ? Ada Sejarah Belanda dan Inggris

 

Selain itu, Pantai Linau pada zaman penjajahan Inggris dan Belanda merupakan dermaga laut perdagangan kompeni dan kata para tetua saat itu cukup ramai perdagangan. Dari pantai inilah, Inggris dan Belanda mengirimkan harta rampasannya ke Eropa.

Barang rampasan itu berupa lada, cengkeh, kayu dan hasil bumi lainnya. Dan itulah beberapa bukti yang menguatkan cerita bahwa ada "madam" Inggris yang pernah mampir di Kabupaten Kaur. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id