10 Istilah Bagian-Bagian Rumah Dalam Bahasa Serawai, Mari Kenali dan Lestarikan

10 Istilah Bagian-Bagian Rumah Dalam Bahasa Serawai, Mari Kenali dan Lestarikan

Turman Wabas, tokoh masyarakat Kecamatan Manna, Bengkulu Selatan-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

 

1. Lepau, Binting, Berendau

Lepau,Binting,Berendau adalah ucapan bagian rumah untuk sebutan  teras muka yang biasanya digunakan masyarakat umum untuk bersantai dalam menerima kalau nantinya ada tamu yang datang. Dan disitu nantinya tamu juga akan disuguhkan minuman sebagai penghormatan.

 

2.Luan

Luan adalah sebutan untuk sebuah ruangan yang ada didalam rumah,yang biasanya digunakan untuk menerima tamu - tamu tertentu.Seperti keluarga dekat 

 

3.Pengetas

Pengetas adalah sebuah ruangan yang ada didalam sebuah rumah,yang mana nantinya  ruangan tersebut biasa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

 

4.Gaghang

Gaghang adalah bagian dari sebuah rumah,yang posisinya dibagian belakang. Biasanya digunakan untuk tempat mencuci piring,dan sebagainya.Bahkan disini juga biasanya dibuat dapugh (tempat memasak), namun adakalanya gaghang juga sebagai sebutan dari berendau, namun ditambah dengan gaghang mukau. Sedangkan yang belakang disebut gaghang pughuak.

 

5. Biliak

Biliak adalah sebutan dari salah satu bagian rumah yang bahasa melayunya adalah kamar.Yang biasanya digunakan oleh penghuni rumah untuk beristirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id