10 Istilah Bagian-Bagian Rumah Dalam Bahasa Serawai, Mari Kenali dan Lestarikan

10 Istilah Bagian-Bagian Rumah Dalam Bahasa Serawai, Mari Kenali dan Lestarikan

Turman Wabas, tokoh masyarakat Kecamatan Manna, Bengkulu Selatan-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

 

6.Gerbungan

Gerbungan adalah yang digunakan untuk menyimpan barang - barang yang tidak lagi terpakai,agar nantinya tidak berserakan.Tapi kalau saat ini masyarakat biasa menyebutnya dengan gudang.

 

7.Paghau

Paghau adalah pembatas bagian rumah dari atas sampai ke lantai dasar,agar suasana yang ada dirumah cuacanya tidak terlalu panas yang sering disebut saat ini adalah plapon. Biasanya masyarakat dahulu menggunakan paghau tersebut sebagai tempat menyimpan makanan saat melakukan pesta, sehingga dahulu disediakan gadis paghau. Dimana gadis tersebut bertugas mengeluarkan makanan dibutuhkan oleh ketua kerja.

 

8.Pelilit

Pelilit adalah salah satu akses,menuju dari lepau menuju gaghang.Bagi orang yang mau menuju ke gaghang dari lepau tidak harus melalui Luan dan pengetas, sehingga melalui samping rumah atau teras samping yang dibangun oleh masyarakat dahulu.

 

9. Belayagh

Belayagh adalah penutup di bawah atap dengan wesplang,yang nantinya dipasang oleh masyarakat untuk penghalang angin ataupun air hujan agar air tidak masuk ke lepau atau teras depan rumah.Bentuknya biasanya segitiga untuk menutup antara tinggi dinding rumah. Kalau saat ini batas reng balok dan atap rumah.

 

10.Awangan

Awangan adalah tempat sirkulasi udara yang masuk dari luar kedalam dan sebaliknya.Biasanya pada pagi hari awangan ini akan dibuka dan sore harinya ditutup.Kalau untuk istilah zaman sekarang orang banyak menyebutnya dengan jendela.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id