Jumlah Guru di Indonesia Meningkat Menjadi 3,37 Juta

Jumlah Guru di Indonesia Meningkat Menjadi 3,37 Juta

jumlah guru di Indonesia meningkat-ist-

RADAR BENGKULU - Tepat di momen hari guru sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober, kali ini kami akan menginformasikan tentang jumlah guru se Indonesia.

Data ini kami lansir dari website bps.go.id, ternyata jumlah guru di Indonesia periode 2022 hingga 2023 mengalami peningkatan. Saat ini jumlah guru Indonesia tercatat sebanyak 3,37 juta. 

Untuk rinciannya sebagai berikut:

- Guru jenjang sekolah dasar : 1,61 juta jiwa

- Guru jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP): 708.675 jiwa

-Guru jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) : 347.977 jiwa

- Guru jenjang Sekolah menengah Kejuruan (SMK) : 337.271 jiwa

- Guru jenjang taman Kanak-kanak : 368.361 jiwa

Masih berdasarkan data BPS, jumlah guru tahun ajaran 2022 hingga 2023 mengalami peningkatan sebesar 2,70 persen. Sebab pada tahun ajaran sebelumnya jumlah Guru se Indonesia sebanyak 3,28 orang.

Jumlah guru tersebut kemungkinan akan bertambah, mengingat saat ini pemerintah lagi membuka keran pendaftaran PPPK dan CPNS Guru. Profesi guru memang akan terus mengalami penambahan seiring banyaknya mahasiswa jurusan pendidikan yang berhasil menyelesaikan kuliah. 

BACA JUGA:Seleksi PPPK Guru di Kaur

Profesi guru selain dituntut dapat mencerdaskan generasi bangsa, juga dituntut untuk mampu bersaing dan kreatif dalam mengajar. Apalagi saat ini sudah serba digital, guru diminta harus mampu menguasai atau memiliki pemahaman tentag digitalisasi. Hal ini berbanding lurus dengan pendapatan atau gaji guru yang terus mengalami peningkatan. Bahkan calon presiden pun sudah mengatakan janji politiknya akan meningkatkan gaji guru bila dirinya terpilih menjadi presiden. 

BACA JUGA:Gaji ASN, TNI/POLRI/GURU Bakal Naik, Ini Sederet Janji Capres Prabowo Subianto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu