Tips Aman Bersepeda yang Wajib Dipahami dan Jangan Anggap Sepele

Tips Aman Bersepeda yang Wajib Dipahami dan Jangan Anggap Sepele

tips aman sebelum melakukan aktivitas bersepeda-Ist-

RADAR BENGKULU -  Jika zaman dahulu sepeda digunakan sebagai alat transportasi antar daerah, dan bisa membawa sejumlah barang dagangan. Namun, seiring berkembangnya zaman aktivias bersepeda menjadi hobi dan juga sarana untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ditambah lagi, sudah banyak hasil riset menyebutkan bahwa bersepeda rutin memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh. 

Melihat banyaknya manfaat bersepeda, informasi tentang hal itu lantas diaplikasikan oleh pemerintah dan instansi menjadi suatu kegiatan rutin untuk menggelar kegiatan bersepeda santai. Lalu pihak pabrikan sepeda pun berlomba-lomba menciptakan berbagai jenis sepeda dan kegunaannya. Namun perlu diketahui ada hal yang penting yang kerap lalai dilakukan para penghobi olahraga bersepeda, salah satunya lalai melakukan pengecekan kondisi sepeda sebelum dibawa beraktivitas. 

BACA JUGA:Tips, Supaya Aman Saat Terjatuh dari Sepeda Motor

Pada artikel kali ini kita akan mengupas sedikit tentang tips aman sebelum melakukan aktivitas bersepeda, memang terdengar sepele namun ini penting dan bisa menjaga keselamatan saat anda sedang melakukan aktivitas bersepeda. Berikut tips yang dibagikan dan didapat dari para penghobi kegiatan olahraga bersepeda:

1. Cek Sepedanya

Tips pertama dan yang paling penting yakni cek dulu kondisi sepeda, hal ini harus rutin dilakukan sebelum anda melakukan aktivitas berolahraga sepeda. Diwajibkan bagi anda  harus rutin mengecek kondisi sepeda. 

Pastikan sepeda dalam kondisi baik, seperti kondisi rem, ban dan tekanan anginnya. 

2. Gunakan atribut pelindung

Tips kedua yakni disarankan untuk menggunakan pelindung kepala seperti helm, pelindung siku dan lutut. Hal itu perlu diingatkan karena terkadang kita lupa dan ketika terjadi insiden saat berolahraga, barula kita ingat pentingnya atribut pengaman saat berolahraga sepeda.

3. Taati aturan lalu lintas

Jika di daerah kalian belum ada jalur khusus sepeda, maka patuhilah rambu lalu lintas. 

Sebab, bersepeda dijalan raya sengat beresiko sehingga kalian harus berhati-hati dengan kondisi lalulintas dijalan terutama di jalur padat kendaraan. Jadi jangan sampai aktivitas olahraga bersepeda yang kita lakukan justru mencelakai kita dan pengendara lainnya.

Nah bagi kalian yang belum punya sepeda buruan beli atau di kawasan wisata pantai panjang Kota Bengkulu banyak yang menyewakan sepeda untuk berolahraga.

BACA JUGA:Rental Sepeda Sudah Dibuka Lagi di Pantai Panjang, Pendapatannya Segini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu