5 Jenis obat herbal tradisional ini pereda batuk dan filek pada balita

5 Jenis obat herbal tradisional ini pereda batuk dan filek pada balita

Salah satu faktor yang dapat berkontribusi terhadap kesuksesan masa depan anak adalah kemampuan berpikir-Ist-

RADAR BENGKULU - Ini 5 jenis obat herbal tradisional untuk mengatasi batuk dan flu yang diderita balita.

Mom di rumah pasti balitanya pernah mengalami batuk hingga filek terus menerus. Terkadang juga sudah memberikan obat batuk dan filek di apotik namun tak kunjung sembuh, hingga menyebabkan balita demam yang cukup berlebihan. 

Oleh karena itu anda patut mencoba dan menyimpan jenis obat herbal tradisional ini. Dilansir dari buku yang berjudul kumpulan obat herbal tradisional untuk mengobati batuk dan filek pada balita yang ditulis oleh atikah nur azizah obat tradisional adalah obat yang diolah secara tradisional dan diajarkan secara turun temurun berdasarkan resep nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan atau kebiasaan setempat. 

BACA JUGA:Tips Terhindar Penularan Penyakit ISPA

Nah sobat, beberapa jenis obat obatan herbal tradisional dibawah ini digunakan sebagai obat pereda batuk dan filek balita (berdasarkan sumber buku yang dibaca);

1. Kunyit (curcuma longa), bagian yang digunakan ialah rimpang atau umbi kunyit itu sendiri. Kandungan dari kunyit ialah minyak atsiri, kurkumin, dimetoksin kurkumin, flutoksa, glukosa, pati, tanin, magnesium, besi, klalsium, natrium dan kalium. Dari banyaknya kandungan  didalam kunyit tersebut maka kunyit memilki efek herbal atau khasiat untuk menjaga stamina hepatoprotektor, diuretic, antioksidan antiradang, immunomodulator, dan anti kanker. Bubuk dari kunit dapat mengobati hidung meler, sakit enggorokan pada anak ketika batuk dan filek. 

BACA JUGA:Dampak Musim Kemarau Mulai Bermunculan, Kasus ISPA di Bengkulu Meningkat

2. Asam (tamarindus indica)

Asam atau asam jawa ini memilki efek herbal antipiretik (penurun panas) \. Khasiat dari buah asam jawa ini adalah bisa mengobati demam, sariawan, kencing manis, asma, batuk kering disertai dengan rasa gatal dan perih ditenggorokan. Kombinasi kunyit dana sam ajwa ini sama sama memilki khasiat untuk pereda batuk dan filek. 

3. Jeruk nipis (citrus aurantifolia)

Buah jeruk nipis ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk, fluu ringan, sehingga neningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan sakit juga radikal bebas didalam tubuh. Perasan jeruk nipis ini ditambahkan amdu sedikit bisa meredakan batuk filerk secara efektif. 

4. Madu 

BACA JUGA:Cium dan Sentuh Bayi Sembarangan Bisa Berdampak Bahaya, Simak Ulasannya

Madu merupakan salah satu obat batuk pilek yanga alami cukup ampuh untuk meredakan gejala batuk dan flu. Kandungan antimikrobanya membantu melawan virus penyebab flu, rasa manis dari amdu itu sendiri membantu produk saliva yang bisa mengencerkan lender sehingga mudah untuk dikeluarkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkuu