Cium dan Sentuh Bayi Sembarangan Bisa Berdampak Bahaya, Simak Ulasannya

Cium dan Sentuh Bayi Sembarangan Bisa Berdampak Bahaya, Simak Ulasannya

jangan sembarangan mencium bayi baru lahir-Ist-

RADAR BENGKULU - Rasanya memang tidak ada yang bisa menahan diri untuk menyentuh dan mencium bayi lucu dan bikin gemes. Hal itu sering kita lakukan ke setiap bayi yang kita temui, namun untuk mencium bayi ada pengetahuannya dan stop melakukan cium ke bayi secara sembarangan, hal itu berdampak tidak baik bagi kesehatan bayi. Bahkan bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya bagi bayi

Faktor pertama yang berbahaya yaitu kulit bayi yang tipis dan sistem kekebalan tubuh mereka yang masih lemah. Sehingga tubuh bayi lebih sensitif tertular penyakit. 

Dikutip dari situs resmi hallodoc. Berikut beberapa hal yang bahayakan saat cium bayi Sembarangan

 

1. Infeksi Virus 

Bahaya pertama yang disebabkan bayi terinfeksi virus akibat bayi yang sering dicium sembarangan adalah virus yang menginfeksi paru-paru atau saluran pernapasan. Virus ini biasanya disebut para ahli bernama Respiratory Syncytial Virus (RSV). 

 

Bahayanya lagi, orang yang mencium baru sudah beraktifitas di lingkungan yang kurang bersih, sehingga bakteri virus itu dengan cepat menularkan ke bayi yang dicium.  Efeknya bisa membuat bayi susah bernapas, dimana awalnya seperti flu tetapi jika dibiarkan bisa berakibat fatal, hingga menjalar ke jantung bahkan ke otak bayi apalagi bagi sang bayi yang lahir prematur yang memiliki kekebalan yang lemah. 

 

2. Herpes Simplex Tipe 1

Penyakit ini bisa digolongkan cukup berbahaya untuk sang bayi akibat disentuh dan dicium. Dimana virus herpes simplex tipe 1 (HSV 1) memiliki gejala penyakit ini berawal dari luka lecet yang terbentuk di kisaran bibir dan mulut, kemudian menyebar ke bagian wajah lainnya seperti hidung, pipi, dan dagu. Bahkan penyakit ini bisa berimbas pada peradangan otak jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Makanya bagi yang tengah menghidap penyakit ini, disarankan jangan menyentuh apalagi mencium bayi yang memiliki kulit yang sensitif. 

 

 

3. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: