Kisah Sejarah Wisata Pantai Pulau Bidadari, Jadi Rebutan Tentara Belanda vs Tentara Britania

Kisah Sejarah Wisata Pantai Pulau Bidadari, Jadi Rebutan Tentara Belanda vs Tentara Britania

wisata pantai pulau bidadari dan sejarahnya-ist-

 

RADAR BENGKULU - Indonesia memiliki banyak wisata pantai dengan nama yang beragam dan unik-unik. Pemberian nama pada objek wisata ini pun memiliki banyak sebab.

 

Seperti penyematan nama wisata pantai pulau bidadari. Mengapa disebut pulau bidadari? apakah pernah ada penampakan bidadari di pulau itu?

 

dari penelusuran redaksi pemberian nama pulau bidadari agar seirama dengan pulau - pulau yang ada di Kepulauan seribu, antara lain Pulau Khayangan, Pulau Putri dan Pulau Nirwana. 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Wisata Pantai dekat Jakarta, Nomor 6 Mirip Nama Terdakwa Dalam Kasus Brigadir J

Dari wikipedia dijelaskan bahwa pulau bidadari dulunya memiliki dua nama yakni pulau Sakit dan Pulau Purmerend. 

 

Kisah sejarah pulau pantai Bidadari pada abad 17, pulau ini berada dekat dengan pulau onrust dan sekaligus menjadi penunjang aktivitas dipulau itu. Karena menjadi penunjang, maka VOC pada tahun 1679 membangun sejumlah sarana-sarana. 

 

Penyebab pulau ini diberi nama pulau sakit, salah satunya karena ada sarana prasarana berupa rumah sakit lepra dan kusta yang dibangun pada jaman VOC. Lalu pada tahun 1800 an, armada laut britania raya menyerang pulau dan menghancurkan sejumlah bangunan  yang ada diatas pulau tersebut. 

BACA JUGA:Sinopsis Film Bastille Day : Upaya Agen CIA bersama Pencuri Ungkap Konspirasi dan Bom di Paris

Namun tiga tahun kemudian atau 1803, Belanda kembali berhasil menguasai pulau ini dan kembali membangun sarana dan prasarana. Selang 3 tahun kemudian tepatnya tahun 1806 Britania kembali menyerang pulau ini, akibat penyerangan ini sejumlah pulau yang berdekatan menjadi hancur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: