5 Cara Merawat Baterai Lithium-Ion, Nomor 2 Ternyata Jangan Diisi Sampai Penuh

5 Cara Merawat Baterai Lithium-Ion, Nomor 2 Ternyata Jangan Diisi Sampai Penuh

cara merawat baterai lithium yang digunakan laptop-ist-

RADAR BENGKULU - Baterai merupakan sumber energi bagi sejumlah alat eletronik. Yang paling gampang contohnya yakni terdapat pada laptop dan Handphone. Baterai ada beberapa jenis, salah satunya jenis baterai Lithium-ion

 

Ternyata masing-masing baterai membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda. Khusus di artkel ini kita akan membahas cara merawat baterai Lithium-ion agar awet dan bisa tahan lama dalam penggunannya. 

 

Melansir laman web atonergi.com, terdapat 5 cara yang wajib dilakukan agar baterai jenis Lithium ini awet. Mari disimak cara dan tipsnya seperti apa:

ARTIKEL TERKAIT:

BACA JUGA:7 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

1. Perhatikan suhu saat penyimpanan dan penggunaan

- Baterai jenis ini sangat sensitif dengan kondisi suhu yang panas. Jadi disarankan agar tidak menyimpan alat elektornik yang menggunakan baterai jenis ini ditempat yang bersuhu ekstrem. Hindari juga pemakaian alat elektronik disuhu yang panas. Carilah tempat teduh dan atau jika anda beraktivitas diruangan maka pastikan ruangan itu memiliki sirkulasi udara yang sempurna. 

Kemudian jangan meninggalkan alat elektronik didalam mobil yang terparkir diluar ruangan atau ditempat parkir yang tidak memiliki atap pelindung matahari. 

 

2.Pahami Pola Penggunaan alat elektronik

- Kondisi seperti ini kerap kita abaikan, semisal menggunakan alat elektronik berupa handphone atau laptop sampai baterai habis dan barulah melakukan pengisian, padahal  kebiasaan ini tidak baik untuk baterai lithium.  

- Jangan melakukan pengisian hingga ful 100 persen, sebab baterai jenis ini sebaiknya diisi sampai 80 persen saja dan digunakan hingga baterai tersisa 20 persen. Cara ini diyakini bisa membuat baterai tidak stres dan awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: